Bursa Wall Street Mixed Terpicu Kontroversi Email Trump Jr; Pidato Yellen Dicermati

991

Bursa Saham A.S. berakhir mixed hari akhir perdagangan Rabu dinihari (12/07) terpicu sentimen dampak email yang dirilis oleh Donald Trump Jr. terkait pemilihan Presiden AS.

Rantai email yang menyebabkan pertemuan kontroversial dengan seorang pengacara Rusia menawarkan “informasi tingkat tinggi dan sensitif” yang akan memberatkan Hillary Clinton sebagai bagian dari dukungan pemerintah Rusia untuk kampanye kepresidenan ayahnya, Donald Trump.

Seperti yang diberitakan email Donald Trump Jr yang diposting ke Twitter mengkonfirmasikan bahwa dia diberitahu bahwa pemerintah Rusia mendukung ayahnya dan mereka telah merusak email Hillary dan dia sangat senang bertemu dengan mereka.

Indeks Dow Jones pada awalnya turun 100 poin karena kekhawatiran kontroversi Rusia yang melanda presiden Presiden Donald Trump akan memburuk.

Indeks Dow Jones ditutup tepat di atas titik impas di 21.409,07, naik 0,55 poin atau 0,00 persen. Boeing memberikan kontribusi terbesar terhadap kenaikan di Dow, sementara 3M termasuk di antara mereka yang memiliki dampak negatif terbesar.

Indeks S & P 500, ditutup turun 0,1 persen atau 0,08 poin di level 2.425,53. Saham keuangan memimpin penurunan.

Indeks Nasdaq ditutup 0,3 persen lebih tinggi atau 16,91 poin, pada 6,193.30.

Dolar A.S. jatuh dan mencapai level terlemahnya melawan euro. Emas berjangka melonjak, sementara imbal hasil Treasury turun tipis.

Pakar strategi mencatat pergerakan pasar kemungkinan bergerak lamban karena volume perdagangan musim panas yang lebih ringan. Pedagang juga menantikan kesaksian Ketua Fed Janet Yellen yang dijadwalkan pada hari Rabu.

Advancers memimpin penurunan di New York Stock Exchange, dengan volume pertukaran 774,77 juta dan volume gabungan 3,04 miliar pada penutupan.

Ekuitas telah membukukan sedikit kenaikan di awal sesi, namun mereka ditutup oleh kekhawatiran tingkat suku bunga yang lebih tinggi di seluruh dunia.

Imbal hasil Treasury telah meningkat tajam selama bulan lalu di tengah retorika hawkish bank sentral. Pada periode tersebut, imbal hasil obligasi 10 tahun telah naik menjadi sekitar 2,38 persen dari sekitar 2,2 persen.

Langkah serupa telah terjadi di obligasi Eropa. Imbal hasil 10 tahun Jerman telah melonjak menjadi 0,55 persen dari sekitar 0,25 persen pada bulan lalu.

Gubernur Fed Lael Brainard mengatakan dalam sebuah pidato pada hari Selasa bank sentral kemungkinan akan bertindak “segera” untuk mulai mengurangi neraca senilai $ 4,5 triliun, selama ekonomi bekerja sama. Namun, dia mengatakan Fed mungkin “tidak punya banyak lagi” untuk melakukan kenaikan suku bunga.

Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan secara terpisah bahwa bank A.S. masih terlalu besar untuk gagal. Pidato tersebut akan mengarah pada kesaksian Yellen pada hari Rabu.

The Fed telah menaikkan suku bunga dua kali tahun ini dan diperkirakan akan meningkat lagi sebelum 2017 berakhir. Bank sentral juga telah mengisyaratkan keinginannya untuk mulai melepaskan neraca senilai $ 4,5 triliun.

Dalam berita ekonomi, indeks optimisme usaha kecil the National Federation of Independent Business (NFIB)(NFIB) turun menjadi 103,6 di bulan Juni dari 104,5 di bulan Mei. Persediaan grosir naik 0,4 persen di bulan Mei, menandai kenaikan terbesar mereka dalam lima bulan. Sementara itu, lowongan pekerjaan turun menjadi 5,7 juta di bulan Mei, kata Departemen Tenaga Kerja.

Dalam berita perusahaan, Amazon.com mengadakan Prime Day tahunannya, yang menampilkan penawaran besar untuk pelanggan Prime Amazon.

Wall Street juga bersiap untuk memulai musim pendapatan. JPMorgan Chase, Wells Fargo dan Citigroup termasuk di antara perusahaan yang akan dilaporkan akhir pekan ini.

Malam nanti pasar akan mencermati pidato Ketua The Fed Janet Yellen di Kongres AS, yang jika memberikan dukungan penguatan ekonomi, akan mengangkat bursa Wall Street.

Demikian juga malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA, yang diindikasikan terjadi penurunan, namun masih lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif jika pidato Yellen memberikan dukungan bagi ekonomi AS dan penurunan persediaan minyak mentah mingguan AS.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here