Tingkat Suku Bunga Acuan India Tetap Di 6 Persen, Imbal Hasil Obligasi Turun

541

(Vibiznews – Economy & Business) – Akhirnya penguasa moneter India memutuskan untuk tetap memegang suku bunga di level terendah sejak 2010, karena hal tersebut terlihat memacu pertumbuhan tanpa memicu inflasi.

Tingkat suku bunga acuan dipatok kembali pada 6 persen, Reserve Bank of India mengatakan dalam sebuah pernyataan di Mumbai pada hari Rabu. Lima pada komite kebijakan moneter yang berjumlah enam anggota tidak memberikan perubahan karena bank sentral menaikkan perkiraan inflasi dan menurunkan perkiraan pertumbuhan.

“Meskipun prospek harga pangan domestik tetap stabil, momentum umum adalah kenaikan harga barang-barang yang tidak termasuk makanan, terutama berasal dari minyak mentah,” demikian pernyataan bank sentral tersebut. Kemungkinan selip fiskal bisa menambah momentum ini di masa depan dan pihak bank sentral India menegaskan bahwa “sangat penting untuk menghidupkan kembali kegiatan investasi.”

Perlambatan tersebut mengancam untuk mengikis selera investor untuk aset India, yang telah berkurang oleh pengetatan Federal Reserve. Rupee dan indeks saham utama termasuk di antara pemain terburuk di dunia sejak akhir Agustus dan obligasi 10 tahun benchmark telah membukukan kerugian bulanan untuk pertama kalinya sejak 2015.

Obligasi pemerintah India turun, membalikkan kenaikan sebelumnya, setelah Reserve Bank of India mempertahankan suku bunga tidak berubah seperti yang diharapkan dan menurunkan proporsi deposito yang harus diinvestasikan oleh bank dalam sekuritas tertentu.

Imbal hasil pada obligasi acuan 6,79 persen karena 2027 naik 4 basis poin dari Selasa menjadi 6,69 persen. Itu sekitar 6,62 persen sebelum keputusan kebijakan diumumkan. Rupee naik 0,4 persen menjadi 65,23 per dolar karena RBI mengatakan bank sentral dan pemerintah akan meninjau peraturan yang berkaitan dengan investasi asing dalam utang lokal.

Keputusan untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat terendah sejak 2010 datang karena inflasi telah meningkat terhadap target jangka menengah RBI sebesar 4 persen. Pertumbuhan produk domestik bruto secara tak terduga melambat pada kuartal April-Juni.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here