Harga Minyak Mentah Mingguan Flat

873

Harga minyak mentah sebagian besar datar pada akhir pekan Sabtu dinihari (21/10) di bawah tekanan dari permintaan AS yang lemah namun menarik dukungan dari penurunan tajam dalam ekspor minyak mentah Irak karena ketegangan di wilayah Kurdistan.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berakhir 18 sen lebih tinggi pada $ 51,47 per barel dan flat selama seminggu.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, naik 29 sen menjadi $ 57,52 per barel pada pukul 2:10 pagi. ET (1810 GMT).

Ekspor minyak dari Kurdistan Irak menuju pelabuhan Turki Ceyhan mengalir pada tingkat rata-rata pada hari Jumat dari 216.000 barel per hari versus arus biasa 600.000 bpd, kata sumber pengiriman.

Pasukan Irak kembali menguasai dua ladang minyak utama di barat laut Kirkuk dari pasukan Peshmerga Kurdi minggu ini, dan kementerian minyak di Baghdad berharap untuk membawa ladang kembali beroperasi pada hari Minggu.

Dalam sebuah perkembangan besar, perusahaan minyak terbesar Rusia, Rosneft, telah sepakat untuk mengendalikan pipa minyak utama Irak Kurdistan dengan investasi 1,8 miliar dolar.

Analis mengatakan kesepakatan dengan Rosneft membuat Baghdad sulit untuk melakukan sesuatu terhadap aliran tersebut.

Meskipun mengalami kerugian pada hari Jumat, para analis mengatakan pasar berada pada jalur menuju penyeimbangan kembali.

Pasokan minyak mentah komersial A.S. telah turun 15 persen dari rekor Maret mereka, menjadi 456,5 juta barel, di bawah tingkat yang terlihat tahun lalu.

Sebagian dari penarikan ini disebabkan oleh kenaikan ekspor akibat penurunan tajam harga minyak mentah A.S. dibandingkan Brent, yang membuatnya menarik bagi produsen Amerika untuk mengekspor minyak mereka.

Jumlah kilang minyak A.S. turun untuk minggu ketiga berturut-turut, memperpanjang penurunan pengeboran dua bulan, meskipun produsen menaikkan tajam taruhannya terhadap jatuhnya harga minyak, yang dapat memacu lonjakan investasi lainnya.

Jumlah kilang minyak turun tujuh menjadi 736 dalam sepekan hingga 20 Oktober, tingkat terendah sejak Juni, perusahaan layanan energi Baker Hughes dari General Electric Co mengatakan dalam laporannya yang diikuti dengan cermat pada hari Jumat.

Data pengiriman di Thomson Reuters Eikon menunjukkan bahwa pengiriman minyak mentah A.S. di luar negeri telah meningkat hampir nol sebelum pemerintah melonggarkan pembatasan ekspor pada akhir 2015 menjadi sekitar 2,6 juta bpd pada bulan Oktober.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik dengan sentimen penurunan pasokan minyak mentah AS dan ketegangan di Timur Tengah. Harga diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 52,00-$ 52,50, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 51,00-$ 50,50.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here