Ekonomi AS Menambahkan Pekerja Baru Sebanyak 228.000

650

(Vibiznews – Economy & Business) – A.S. menambahkan lebih banyak pekerjaan daripada perkiraan pada bulan November yaitu sebanyak 228.000 pekerjaan baru dan tingkat pengangguran bertahan pada level terendah hampir 17 tahun, meskipun perkiraan kenaikan upah di bawah ini mengindikasikan bahwa pasar tenaga kerja masih kendor untuk diserap.

Rata-rata pendapatan per jam meningkat 2,5 persen dari tahun sebelumnya, kurang dari proyeksi 2,7 persen, dan angka Oktober direvisi lebih rendah.

Upah bergerak ke arah yang benar namun mereka masih lebih lambat dari yang kita inginkan dan tentu saja lebih lambat dari apa yang diharapkan pada tahap siklus ini. Rata-rata pendapatan per jam naik 0,2 persen dari bulan sebelumnya setelah merevisi 2, persen persen untuk bulan Oktober.

Para ekonom memperkirakan bahwa pada saatnya, upah akan menghasilkan kenaikan yang berkelanjutan, yang masih sulit dipahami kendati pergerakan pasar tenaga kerja ini terus berlanjut. Keuntungan lebih cepat dalam gaji akan mendorong belanja konsumen, yang menyumbang sekitar 70 persen dari ekonomi. Powell, calon kuat untuk memimpin the Fed, mengatakan bahwa konfirmasi terakhir bahwa dia tidak melihat upah yang menandakan adanya keketatan di pasar tenaga kerja.

Keuntungan dua bulan dalam daftar gaji adalah yang terkuat sejak pertengahan 2016. Tingkat pengangguran berkurang, tetap mendekati titik terendah sejak 2006, sementara tingkat partisipasi, atau pembagian kerja dari angkatan kerja, tidak berubah pada 62,7 persen.

Layanan kesehatan dan profesional dan bisnis juga menunjukkan keuntungan yang solid. Restoran dan bar, yang telah menunjukkan ayunan yang lebih besar dalam dua bulan sebelumnya karena badai, menambahkan 18.900 pekerja di bulan November.

Permintaan rumah tangga yang mantap dan kenaikan investasi bisnis – didukung oleh meningkatnya permintaan global – pertanda baik untuk pekerjaan di AS. Meskipun demikian, kenaikan gaji telah melambat dalam beberapa tahun terakhir, namun para ekonom mengatakan kenaikan gaji di atas 100.000 sebulan masih cukup untuk terus menekan tingkat pengangguran.

Tingkat setengah pengangguran naik menjadi 8 persen dari 7,9 persen; ukuran mencakup pekerja paruh waktu.
Penggajian manufaktur meningkat sebesar 31.000, konstruksi menambah 24.000, paling tinggi sejak Februari, pengecer meningkatkan staf dengan 18.700 orang.
Orang yang bekerja paruh waktu karena alasan ekonomi naik 48.000 menjadi 4,8 juta
Pekerjaan swasta meningkat sebesar 221.000 (perkiraan median 195.000) setelah meningkat 247.000; gaji pemerintah meningkat sebesar 7.000
Rata-rata minggu kerja untuk semua pekerja naik ke level tertinggi 5 bulan 34,5 jam (perkiraan median 34,4 jam) dari 34,4 jam.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here