Harga Minyak Mentah Mingguan Merosot; Peningkatan Produksi AS Masih Menekan

537

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah naik pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (09/12), terbantu peningkatan permintaan minyak mentah Tiongkok dan ancaman pemogokan di eksportir minyak terbesar Afrika, namun minyak mentah A.S. masih mencatat kerugian mingguan terbesar dalam dua bulan.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik 67 sen atau 1,2 persen, lebih tinggi pada $ 57,36 per barel. Kontrak turun 1,7 persen dalam seminggu.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, naik $ 1,25, atau 2 persen, pada $ 63,45 per barel pada pukul 2:26 pagi. ET (1926 GMT), namun masih menuju penurunan mingguan.

Harga minyak masih berada di jalur untuk kerugian mingguan kedua berturut-turut mereka di tengah kekhawatiran bahwa kenaikan produksi A.S. akan meruntuhkan pemotongan pasokan OPEC yang bertujuan untuk membatasi kelebihan pasokan.

Impor minyak mentah Tiongkok naik menjadi 9,01 juta barel per hari (bpd), rekor tertinggi kedua, data dari Administrasi Umum Bea Cukai menunjukkan pada hari Jumat.

Permintaan yang melonjak akan mendorong Tiongkok di depan Amerika Serikat sebagai pengimpor minyak mentah terbesar di dunia tahun ini.

Bank investasi AS Jefferies memperkirakan pertumbuhan permintaan minyak dunia sebesar tahun 2018 sebesar 1,5 juta barel per hari, didorong oleh hampir 10 persen pertumbuhan permintaan di Tiongkok.

Sementara itu ancaman pemogokan akhir bulan ini dari sebuah serikat pekerja di Nigeria, eksportir minyak terbesar Afrika, sangat mendukung, karena arusnya berkurang di sepanjang pipa minyak Forties Inggris, salah satu nilai yang menetapkan harga Brent.

Namun, pertumbuhan produksi minyak A.S. telah mengancam akan mengurangi produksi oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak, Rusia dan produsen lainnya. Kelompok tersebut sepakat untuk memperpanjang pakta tersebut sampai akhir 2018.

Data minggu ini menunjukkan bahwa produksi minyak mentah A.S. telah meningkat 25.000 bpd menjadi 9,7 juta barel per hari pada minggu ke 1 Desember, produksi tertinggi sejak tahun 1970an dan mendekati tingkat produksi Rusia dan Arab Saudi.

Perhitungan kilang A.S. minggu ini, sebuah indikator awal dari produksi masa depan, ditandai penambahan dua kilang minyak menjadi total 751, perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes melaporkan pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak lemah dengan kekuatiran peningkatan produksi AS. Penguatan dolar AS jika berlanjut, juga dapat menekan harga minyak. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 56,90 – $ 55,40, jika bergerak naik akan berada dalam kisaran Resistance $ 57,90 – $ 58,40.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here