Harga Minyak Mentah Mixed Merespon Penguatan Pasar Saham

731

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berakhir mixed pada akhir perdagangan Selasa dinihari (13/02) setelah sebelumnya rebound kuat dari kerugian yang tajam pekan lalu karena ekuitas global menguat menyusul penurunan satu minggu terbesar mereka dalam dua tahun.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS berakhir naik 9 sen menjadi $ 59,29, setelah sebelumnya rally ke $ 60,83.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 20 sen menjadi $ 62,59 per barel pada pukul 2:28 pagi. ET, setelah berada di level $ 64,40 di awal sesi.

Melemahnya dolar membantu meningkatkan minyak dengan membuat minyak mentah yang dihargakan dalam dolar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Pasar minyak mentah juga didukung setelah para pedagang melepas posisi longgar minggu lalu, dan terlihat untuk mendapatkan kembali beberapa pijakan panjang awal pekan ini.

Awal pekan ini, pasar cenderung didorong oleh faktor teknis sebelum data inventaris fundamental dari Administrasi Informasi Energi A.S. dirilis mendatang.

Konsumsi tetap kuat, meskipun kenaikan produksi minyak mentah A.S. telah menekan minyak dari level 2018 di atas $ 70 dan mengancam usaha Organisasi Negara Pengekspor Minyak untuk menopang harga dengan menekan pasokan.

Permintaan pertumbuhan sangat kuat dan dengan penurunan di tempat-tempat seperti Venezuela, membantu situasi. Jika permintaan tetap kuat, masih terlihat seperti OPEC akan memegang kendali pada 2019, kata analis.

Jika pertumbuhan global melambat dan permintaan minyak mulai melambat, maka pertumbuhan produksi di A.S. menjadi masalah, karena kue OPEC mulai menyusut dan itu akan menjadi garis pasir.

OPEC mengatakan pada hari Senin permintaan minyak dunia akan tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada 2018 karena ekonomi dunia yang sehat, menambahkan angin penangkal ke upaya kelompok produsen untuk menghapus pasokan minyak mentah dengan mengurangi output.

Namun pasar global akan kembali menyeimbangkan hanya menjelang akhir 2018 karena harga yang lebih tinggi mendorong Amerika Serikat dan produsen non-anggota lainnya untuk memproduksi lebih banyak, kata OPEC dalam sebuah laporan bulanan.

Produksi minyak A.S. telah meningkat di atas 10 juta barel per hari (bpd), menyalip eksportir utama Arab Saudi dan mencapai jangkauan produsen utama Rusia.

Perusahaan energi A.S. menambahkan 26 kilang minyak untuk mencari produksi baru pekan lalu, meningkatkan jumlah menjadi 791, tertinggi sejak April 2015, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes pada hari Jumat.

“Kenaikan pada bulan lalu didorong terutama dari produsen swasta,” kata bank AS Goldman Sachs dalam sebuah catatan. “Ketakutan investor di sekitar produksi minyak A.S. yang lebih besar / kurangnya disiplin produsen telah meningkat.”

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik jika pelemahan dolar AS berlanjut. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 59,80-$ 60,30, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 58,80-$ 58,30.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here