Harga Karet Tocom Awal Pekan Lebih Mahal

585

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet berjangka Jepang awal perdagangan pekan ini di  bursa Tocom hari Senin (26/02) bergerak negatif sekalipun posisi harga masih lebih tinggi dari perdagangan akhir pekan. Kondisi perdagangan yang bearish sejak awal perdagangan dipicu oleh penguatan kurs yen dan pergerakan negatif harga minyak dari puncak tinggi.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak bulan Juli 2018 akhir perdagangan  hari Senin ditutup pada posisi 194,1 yen atau naik  sebesar 5,9 yen atau 3,1 persen dari perdagangan sebelumnya. Posisi harga sempat mencapai 194,6 yang merupakan posisi harga tertinggi 11 hari.

Terpantau nilai mata uang Yen Jepang mengalami penguatan 0,28 persen  pada 106.58 yang rebound dari perdagangan sebelumnya, demikian harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate sedang turun dari harga tertinggi yang dicapai hingga sesi Eropa awal pekan di posisi $63,87 per barel sekalipun masih lebih tinggi 0,03% dari akhir pekan lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya masih  berpotensi naik jika dollar AS menguat kembali. Harga karet bakal mengetes kisaran  resisten 190 hingga 195 yen dan jika terjadi koreksi akan turun ke posisi  support di 186 hingga 180 yen.

Jul Allens, Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here