Harga Minyak Mentah Melonjak 3 Persen Pekan Ini

879

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah naik pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (24/01), didukung oleh penurunan produksi Libya dan komentar optimis dari Arab Saudi bahwa upaya yang dipimpin OPEC untuk mengurangi persediaan global masih berjalan baik.

Harga minyak mentah berjangka A.S. berakhir naik 78 sen atau 1,2 persen menjadi $ 63,55, membukukan kenaikan mingguan 3 persen.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan global, naik 56 sen menjadi $ 66,95 pada pukul 1:10 pagi. ET dan berada di jalur untuk mendapatkan sekitar 3 persen dalam seminggu.

Minyak mentah rebound dari kerugian awal setelah penutupan ladang minyak El Feel di Libya, yang menghasilkan 70.000 barel per hari minyak mentah. Produksi di anggota OPEC telah berjalan sekitar 1 juta barel per hari.

Harga juga didukung oleh komentar dari menteri energi Arab Saudi Khalid al-Falih, yang mengatakan bahwa pasar minyak menyeimbangkan kembali dan bahwa dia memperkirakan persediaan akan terus menurun tahun ini.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen lainnya termasuk Rusia sepakat untuk mengurangi produksi sekitar 1,8 juta bph dari Januari 2017, menghapus hampir 2 persen pasokan global dari pasar, untuk mengakhiri kelebihan pasokan yang telah memicu keruntuhan harga minyak.

Pada hari Kamis, data dari Administrasi Informasi Energi menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah A.S. secara tak terduga turun 1,6 juta barel pekan lalu. Pasokan minyak mentah di pusat pengiriman Cushing, Oklahoma, untuk AS terus turun 2,7 juta barel pekan lalu.

Meningkatnya produksi A.S. telah melukai upaya OPEC untuk mengalirkan pasokan. Produksi naik ke level tertinggi sejak 1970-an pada akhir 2017, dan pada akhir 2018 diperkirakan mencapai 11 juta bpd.

Ekspor minyak mentah A.S. meningkat. Data EIA hari Kamis menunjukkan ekspor minyak mentah A.S. melonjak menjadi di atas 2 juta bpd, mendekati rekor 2,1 juta pada Oktober.

Jumlah kilang minyak A.S., indikator produksi masa depan, naik untuk minggu kelima berturut-turut, sebuah laporan dari perusahaan layanan ladang minyak menunjukkan pengebor A.S. menambahkan hanya satu kilang minyak minggu ini, sehingga totalnya menjadi 799, setelah jumlah tersebut naik 51 kilang selama empat minggu sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah jika penguatan dolar AS berlanjut. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 63,00-$ 62,50, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 64,00-$ 64,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here