Harga Minyak Mentah Februari Anjlok 5 Persen

819

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah turun lebih dari 2 persen pada akhir perdagangan Kamis dinihari (01/03) dan bensin berjangka juga jatuh, setelah pemerintah A.S. mengatakan bahwa persediaan minyak mentah dan bensin naik lebih dari yang diperkirakan.

Persediaan minyak mentah A.S. naik 3 juta barel untuk pekan yang berakhir 23 Februari, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk kenaikan 2,1 juta barel.

Persediaan bensin naik 2,5 juta barel, dibandingkan ekspektasi analis untuk penurunan 190.000 barel. Bensin berjangka turun tajam, memimpin sisa kompleks energi lebih rendah.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun ke level terendah dalam dua minggu, berakhir turun $ 1,37, atau 2,2 persen, pada $ 61,64 per barel. WTI mengakhiri bulan Februari turun hampir 5 persen, mengakhiri kemenangan beruntun lima bulan.

Harga minyak mentah berjangka Brent kontrak bulan Mei turun $ 1,76, atau 2,7 persen menjadi $ 64,76 per barel pada pukul 2:29. ET, sementara kontrak April, yang berakhir pada hari Rabu, turun 83 sen atau 1,3 persen menjadi $ 65,80 per barel.

Bensin berjangka turun 4 persen menjadi $ 1,7313 per galon. Kenaikan persediaan datang bahkan saat kilang meningkatkan aktivitas dalam minggu terakhir.

Produksi AS yang melonjak membuat pembatasan harga minyak tahun ini, meskipun Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan Rusia telah mengurangi produksinya.

Sebuah survei Reuters pada hari Rabu menunjukkan OPEC mempertahankan penurunan pasokan pada bulan Februari, turun menjadi 32,28 juta bpd, terendah sejak April tahun lalu.

Produksi minyak mentah A.S. telah meningkat seperlima sejak pertengahan 2016 sampai lebih dari 10 juta barel per hari. Rilis hari rabu menunjukkan produksi mingguan naik lagi menjadi 10,3 juta bpd. Angka bulanan yang lebih dapat diandalkan akan dirilis hari ini, dan analis memperkirakan bahwa laporan tersebut akan menunjukkan revisi besar lainnya.

Harga dipicu sebelumnya setelah tiga konsumen minyak mentah terkemuka di dunia – Tiongkok, India dan Jepang – melaporkan penurunan aktivitas pabrik bulanan.

Tiongkok, pengimpor minyak terbesar di dunia, melaporkan pada hari Rabu bahwa pertumbuhan aktivitas pabrik pada bulan Februari berada pada titik terendah sejak Juli 2016.

Di Jepang, ekonomi terbesar ketiga di dunia, produksi industri pada bulan Januari mengalami penurunan terbesar sejak gempa dahsyat pada bulan Maret 2011, yang menyoroti melemahnya permintaan dan peningkatan persediaan.

Pertumbuhan aktivitas pabrik di India juga melambat ke level terendah empat bulan di bulan Februari karena pesanan baru mereda dan membebani produksi, setelah produsen menaikkan harga pada laju tercepat dalam setahun, sebuah survei bisnis menunjukkan pada hari Rabu.

Dolar A.S. mencapai level tertinggi satu bulan di hari Rabu, memberikan tekanan tambahan pada minyak mentah. Dolar yang lebih kuat membuat minyak lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah dengan meningkatnya pasokan mingguan minyak mentah AS dan penguatan dolar AS. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 61,10-$ 60,60, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 62,10-$ 62,60.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here