Harga Karet Dunia di Tocom Masih Berusaha Naik

629

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet Jepang yang diperdagangkan di bursa berjangka Tocom  hari Selasa (06/03) naik tipis dari posisi kenaikan perdagangan sebelumnya. Lemahnya yen Jepang dan rally harga minyak mentah sejak awal pekan memberikan tenaga bagi komoditas berjangka ini bertahan di jalur hijau.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak bulan Agustus 2018 akhir perdagangan  hari Selasa  ditutup pada posisi 194  yen setelah dibuka pada posisi 191,9 yen dan sempat tinggi ke posisi 194,02.

Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan kuat harga karet Tocom sempat dipicu oleh retreat yen awal pekan namun terpantau kini sedang bergerak kuat kembali lawan dollar AS. Harga karet dalam 2 minggu terakhir bergerak konsolidasi setelah mencapai harga 195 yen.

Terpantau nilai mata uang Yen Jepang bergerak kuat kembali masuki sesi Eropa hari ini, naik 0,08 persen atau 0,07 pada 106.08 setelah dibuka pada posisi 106,19 yen dan sempat tertekan ke 106.45 yen pada sesi Asia. Demikian juga harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate sempat kuat pada sesi Asia, namun masuki  sesi Eropa  dengan penurunan   0,06% menjadi $62.49 per barel.

Jul Allens, Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here