Harga Minyak Berakhir Turun; Akankah Ketegangan Arab Saudi-Iran Menjadi Sentimen Bullish?

704

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka tergelincir pada akhir perdagangan Selasa dinihari (27/03) dengan investor menguangkan sebagian keuntungan dari kenaikan kuat pekan lalu, tetapi kekhawatiran tentang ketegangan Arab Saudi-Iran terus terjadi.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) berakhir turun 33 sen menjadi $ 65,55, mundur dari sesi puncak $ 66,55, yang hanya beberapa sen lebih tinggi dari tiga tahun tertinggi.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 25 sen menjadi $ 70,20 per barel pada jam 2:27 siang. ET. Kontrak sebelumnya naik menjadi $ 71,05, level tertinggi sejak 25 Januari, ketika Brent mencapai tertinggi tiga tahun di $ 71,28.

Pekan lalu, Brent naik 6,4 persen dan WTI naik 5,7 persen, kenaikan mingguan terkuat sejak Juli.

Meskipun minyak mentah dan produk berjangka tergelincir pada hari Senin, sebagian besar harga saham untuk perusahaan energi dan penyuling khususnya naik. Indeks Energi S & P naik hampir 0,8 persen.

Saham global rebound dari posisi terendah enam minggu karena optimisme bahwa Amerika Serikat dan China akan memulai pembicaraan perdagangan, mengurangi kekhawatiran tentang perang perdagangan. Analis khawatir bahwa perang dagang dapat menekan permintaan minyak.

Presiden AS Donald Trump pekan lalu menandatangani sebuah memorandum yang dapat mengenakan tarif hingga $ 50 miliar impor dari China.

Minyak mentah juga tertekan oleh naiknya jumlah kilang minyak AS aktif ke level tertinggi tiga tahun 804, menyiratkan kenaikan produksi lebih lanjut. Produksi minyak AS telah melonjak seperempatnya sejak pertengahan 2016 menjadi 10,4 juta barel per hari (bpd).

Pasar minyak juga menemukan beberapa dukungan dari meningkatnya ketegangan Timur Tengah.

Pertahanan udara Saudi menembak jatuh tujuh rudal balistik yang ditembakkan oleh milisi Houthi yang diarahkan Iran pada hari Minggu, beberapa di antaranya menargetkan ibukota Saudi Riyadh.

Di Asia, minyak mentah berjangka Shanghai membuat debut yang kuat dalam hal volume karena investor dan pedagang komoditas membeli instrumen perdagangan minyak keuangan terbaru di dunia.

Manajer hedge fund dan manajer uang lainnya menaikkan posisi kontrak berjangka dan opsi jangka panjang bersih AS dalam seminggu hingga 20 Maret setelah dua minggu pemotongan taruhan bullish, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS (CFTC) mengatakan pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi menguat dengan meningkatnya ketegangan Arab Saudi-Iran. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 66,00-$ 66,50, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 65,00-$ 64,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here