Harga Minyak Berakhir Melonjak 3 Persen; Data API Memberikan Sentimen Bearish

1019

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah melonjak lebih 3 persen pada akhir perdagangan Rabu dinihari (10/04) terpicu meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik $ 2,09 untuk menetap di $ 65,51 per barel, naik 3,3 persen. Harga minyak mentah WTI ditutup pada level tertinggi dua minggu.

Minyak mentah Brent berjangka naik $ 2,56 menjadi $ 71,21 per barel, naik 3,7 persen, pada pukul 3:12 siang. EDT.  Harga minyak mentah berjangka Brent mencapai level tertingginya sejak 2014.

Kekhawatiran geopolitik mengangkat harga minyak mentah pada hari Selasa setelah Presiden AS Donald Trump membatalkan perjalanan yang dijadwalkan ke beberapa negara Amerika Selatan untuk fokus pada respon AS terhadap perkembangan di Suriah.

Presiden bertemu dengan para pejabat militer di Gedung Putih pada hari Senin untuk membahas tanggapan pemerintah terhadap dugaan serangan senjata kimia yang dilakukan oleh pemerintah Presiden Suriah Bashar Assad terhadap rakyatnya sendiri.

Namun, keterlibatan AS di Timur Tengah di masa depan dapat mengganggu rantai pasokan minyak mentah dan menyulitkan produsen untuk mengirim ke luar negeri, sehingga memicu penawaran minyak pada hari Selasa. Menambah ketegangan, Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman mengatakan Selasa bahwa negara itu bisa menjadi bagian dari respon internasional terhadap kekerasan Suriah, menurut laporan Reuters.

Saham-saham energi utama melonjak bersama minyak mentah. The Energy Select Sector SPDR Fund (XLE) diperdagangkan hampir 3,9 persen lebih tinggi, pada kecepatan untuk hari terbaiknya sejak 30 November 2016.

Presiden Xi Jinping berjanji pada hari Selasa untuk membuka ekonomi Tiongkok lebih lanjut, menurunkan tarif impor mobil dan lebih baik menegakkan hukum internasional yang mengatur kekayaan intelektual. Komentar-komentar Xi sepertinya berusaha untuk meredam ketegangan perdagangan yang meningkat antara Washington dan Beijing, yang telah mengumumkan tarif pembalasan selama dua minggu terakhir.

Harga minyak juga diperdagangkan lebih tinggi pada Selasa di tengah laporan dari Bloomberg News, yang mengatakan bahwa para pejabat Arab Saudi sedang mencari $ 80 per barel pada minyak mentah Brent untuk mendukung penilaian raksasa energi, Aramco, sebelum penawaran umum perdana.

Juga membantu adalah komentar dari Menteri Energi Saudi, Khalid al-Falih, yang mengatakan kartel minyak OPEC akan terus mempertahankan pasar. Menteri mengatakan dia akan mengupayakan perpanjangan untuk kesepakatan OPEC-Rusia, yang berakhir pada bulan Desember.

Laporan itu muncul seminggu setelah Putra Mahkota pertama mengatakan kepada majalah Time bahwa dia mengharapkan peluncuran publik Aramco bertepatan dengan harga minyak yang lebih tinggi.

“Kami percaya harga minyak akan semakin tinggi di tahun ini dan juga semakin tinggi pada 2019, jadi kami mencoba untuk memilih waktu yang tepat,” kata pangeran itu kepada Time sehubungan dengan IPO. Sementara Riyadh awalnya menargetkan IPO untuk paruh kedua tahun 2018, namun sekarang memperkirakan peluncuran untuk 2019.

Dinihari tadi telah dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh American Petroleum Institute (API) yang mencatat hasil kenaikan 1,758 juta barel, dibandingkan dengan hasil sebelumnya terjadi penurunan 3,28 juta barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak dapat bergerak lemah dengan laporan API untuk peningkatan pasokan mingguan AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 65,00-$ 64,50, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 66,00-$ 66,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here