Harga Minyak Mentah Akhir April Sesi Eropa Jatuh

800

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah jatuh pada hari Senin (30/04) dis esi Eropa, setelah jumlah kilang di Amerika Serikat meningkat sebagai gambaran ledakan dalam produksi serpih tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, namun harga tetap bertahan mendekati tertinggi dalam lebih dari tiga tahun dan ditetapkan untuk kenaikan dua bulan berturut-turut.

Prospek Amerika Serikat menerapkan kembali sanksi terhadap Iran dan disiplin terus OPEC dalam menahan produksi telah membuat pasar tetap di atas $ 70 per barel untuk sebagian besar bulan ini.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 69 sen menjadi US $ 67,41 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 84 sen pada hari ini di $ 74,80 per barel pada 0808 GMT. Harga naik ke $ 75,47 minggu lalu, tertinggi sejak November 2014.

Pengebor AS menambahkan lima kilang minyak dalam seminggu hingga 27 April, sehingga jumlah total menjadi 825, level tertinggi sejak Maret 2015, demikian perusahaan jasa energi Baker Hughes mengatakan.

Produksi minyak mentah di Amerika Serikat telah tumbuh lebih dari 25 persen sejak pertengahan 2016 hingga rekor 10,59 juta barel per hari (bpd). Hanya Rusia saat ini menghasilkan lebih banyak, sekitar 11 juta bpd.

Sementara itu, harga Brent telah naik hampir 6 persen bulan ini, didukung oleh ekspektasi bahwa Amerika Serikat akan memperbarui sanksi terhadap Iran.

Presiden AS Donald Trump memiliki waktu hingga 12 Mei untuk memutuskan apakah akan memulihkan sanksi terhadap Iran yang dicabut setelah kesepakatan tentang program nuklirnya yang disengketakan.

Sanksi yang dikenakan kembali terhadap Iran, produsen terbesar ketiga OPEC, mungkin akan menghasilkan pengurangan ekspor minyak Iran, pengetatan pasokan global bahkan lebih.

Lebih jauh lagi, harga minyak menurun di Venezuela, produsen terbesar OPEC di Amerika Latin, dan Angola, eksportir terbesar kedua di Afrika.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak dapat bergerak turun dengan kekuatiran meningkatnya produksi minyak AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 66,90-$ 66,40, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 68,90-$ 69,40.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here