Harga Minyak Sesi Asia Stabil; Sanksi Iran dan Penurunan Produksi OPEC Beri Dukungan

746

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah bertahan stabil pada Selasa (15/05) di sesi Asia, karena penurunan produksi yang sedang berlangsung oleh OPEC dan sanksi AS terhadap Iran memperketat pasar di tengah permintaan yang kuat.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 71,09 per barel, naik 13 sen dan juga tidak jauh dari level tertinggi November 2014 di $ 71,89 per barel yang dicapai pekan lalu.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, berada di $ 78,37 per barel pada 0028 GMT, naik 14 sen dari penutupan terakhir mereka dan tidak jauh dari tiga setengah tahun tinggi $ 78,53 per barel mencapai sesi sebelumnya.

Pasar umumnya diperketat sebagai Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang dipimpin oleh Arab Saudi, telah menahan pasokan sejak 2017 untuk mendorong harga minyak.

Dengan sanksi baru AS yang dikenakan terhadap anggota OPEC Iran dan permintaan minyak yang kuat, para analis mengatakan harga minyak mentah berpotensi naik.

Pasar pengetatan telah menghilangkan semua pasokan global yang melemahkan harga minyak mentah yang tertekan antara akhir 2014 dan awal 2017.

Angka OPEC yang diterbitkan pada hari Senin menunjukkan bahwa persediaan minyak di negara-negara industri OECD pada Maret turun menjadi 9 juta barel di atas rata-rata lima tahun, turun dari 340 juta barel di atas rata-rata pada Januari 2017.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak masih berpotensi bergerak naik mengingat rencana AS mengenakan sanksi terhadap Iran yang akan menekan produksi minyak Iran. Namun jika dolar AS menguat akan menekan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 71,50-$ 72,00, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 70,50-$ 70,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here