Inflasi Mei Zona Eropa Meningkat Terdukung Lonjakan Harga Minyak

607

(Vibiznews – Economy & Business) Inflasi zona Eropa melonjak jauh lebih dari yang diperkirakan pada bulan Mei dengan biaya energi yang lebih tinggi, membawa dukungan bagi Bank Sentral Eropa setelah gejolak pasar yang telah membahayakan rencana keluar dari program stimulus yang bagus.

Inflasi di 19 negara anggota zona Eropa naik menjadi 1,9 persen dari 1,2 persen pada April, kantor statistik Uni Eropa Eurostat mengatakan pada Kamis (31/05), jauh di atas ekspektasi untuk kenaikan 1,6 persen, karena lonjakan harga minyak dengan cepat memberi makan kepada konsumen.

Tidak termasuk energi yang mudah menguap dan harga makanan yang tidak diolah, inflasi adalah 1,3 persen, dari 1,1 persen pada bulan April. Ukuran inflasi inti lainnya, juga tidak termasuk alkohol dan tembakau, adalah 1,1 persen pada bulan Mei, dari 0,7 persen pada bulan April.

ECB memiliki mandat untuk menjaga inflasi di bawah tetapi mendekati 2 persen, sebuah tugas yang terbukti menantang, bahkan dengan pertumbuhan ekonomi dalam jangka terbaik dalam satu dekade. ECB telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menyiapkan pasar untuk mengakhiri skema pembelian obligasi senilai 2,55 triliun euro ($ 3 triliun).

Namun, krisis politik Italia berisiko memicu gejolak pasar di pinggiran blok dan menggagalkan strategi keluar bank.

Memang, imbal hasil Italia 10 tahun melonjak ke tertinggi empat tahun minggu ini dengan imbal hasil Spanyol, Portugis dan Yunani juga bergerak lebih tinggi. ECB telah mengumpulkan 2 triliun euro utang negara dan akan tetap berada di pasar setidaknya hingga akhir September.

Tetapi para pembuat kebijakan telah lama berpendapat bahwa mandat ECB adalah untuk mengawasi inflasi, bukan membantu negara-negara bermasalah, menyarankan sedikit keinginan sekarang untuk menyerahkan rencana untuk menormalkan kebijakan.

Anggota dewan ECB Benoit Coeure dan Sabine Lautenschlaeger membuat kasus ini dalam beberapa hari terakhir untuk mengakhiri pembelian obligasi tahun ini dan data inflasi Kamis kemungkinan akan mendukung kasus mereka.

ECB selanjutnya akan bertemu pada 14 Juni ketika menerbitkan proyeksi baru tetapi keputusan tentang apakah akan mengakhiri pembelian aset lebih mungkin terjadi pada pertemuan tanggal 26 Juli.

Sementara investor hampir sepakat dalam mengharapkan ECB untuk mengakhiri pembelian obligasi pada bulan Desember setelah mengurangi pembelian obligasi dalam jangka pendek, perkiraan untuk kenaikan suku bunga pertama bank telah bergeser cukup tajam dalam beberapa pekan terakhir, dari sekitar April mendatang hingga mungkin hingga akhir September.

Dalam rilis terpisah, Eurostat mengatakan pengangguran di zona Eropa turun menjadi 8,5 persen pada April dari direvisi naik 8,6 persen pada Maret. Jajak pendapat ekonom yang dilakukan oleh Reuters rata-rata memperkirakan penurunan menjadi 8,4 persen.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here