Harga Minyak Mentah Mingguan Anjlok 3 Persen; Peningkatan Produksi AS Jadi Sentimen Bearish

675

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka jatuh pada akhir pekan, dengan patokan AS membukukan penurunan minggu kedua berturut-turut karena produksi minyak Amerika Serikat mendekati produsen utama Rusia.

Harga minyak mentah berjangka WTI AS jatuh $ 1,23, atau 1,8 persen, menjadi $ 65,81 per barel. Untuk minggu ini, WTI turun 3 persen, menambah penurunan hampir 5 persen minggu lalu dan mengabaikan penurunan 3,6 juta barel dalam pasokan minyak mentah AS pekan lalu.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 81 sen, atau 1 persen, pada $ 76,75 per barel pada pukul 2:26 siang. ET. Brent masih ditetapkan untuk kenaikan setengah persen pada minggu ini.

Produksi minyak mentah AS telah meningkat ke tingkat rekor sejak akhir tahun lalu. Pada bulan Maret melonjak 215.000 barel per hari (bpd) menjadi 10,47 juta bpd, rekor bulanan baru, Administrasi Informasi Energi mengatakan pada hari Kamis.

Perusahaan energi AS menambahkan kilang minyak untuk minggu kedua berturut-turut. Drillers menambahkan dua kilang minyak dalam seminggu hingga 1 Juni, sehingga jumlah total menjadi 861, level tertinggi sejak Maret 2015, perusahaan jasa energi General Baker, Baker Hughes mengatakan dalam laporannya yang diikuti secara ketat pada hari Jumat.

Sumber-sumber mengatakan kepada Reuters pekan lalu bahwa Arab Saudi, pemimpin efektif OPEC, dan Rusia sedang membahas peningkatan produksi sekitar 1 juta bpd untuk mengkompensasi kerugian pasokan dari Venezuela dan untuk mengatasi kekhawatiran tentang dampak sanksi AS terhadap output Iran.

Harga minyak memperpanjang penurunan di awal hari karena indeks dolar melonjak setelah laporan yang menunjukkan Amerika Serikat menambahkan 223.000 pekerjaan pada Mei dan pengangguran menurun hingga 3,8 persen.

Minyak mentah berjangka terkadang jatuh ketika dolar naik karena penguatan greenback membuat komoditas yang dijual dalam dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak masih berpotensi lemah dengan kekuatiran peningkatan produksi AS, Rusia dan Arab Saudi. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 65,30-$ 64,80, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 66,30-$ 66,80.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here