Harga Minyak Melonjak Terpicu Ketidakpastian Hasil Pertemuan OPEC

990

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak meningkat pada hari Jumat (22/06), terpicu ketidakpastian apakah OPEC akan berhasil menyetujui peningkatan produksi pada pertemuan di Wina.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 66,35 per barel, naik 81 sen, atau 1,24 persen.

Harga minyak mentah berjangka Brent berada di $ 74,19 per barel , naik $ 1.14, atau 1,56 persen.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), kelompok produsen dengan eksportir utama Arab Saudi sebagai kepala de facto, bertemu bersama dengan anggota non-OPEC termasuk produsen nomor satu Rusia di kantor pusatnya di ibukota Austria untuk membahas kebijakan produksi.

Kelompok ini mulai menahan pasokan pada tahun 2017 untuk menopang harga. Tahun ini, di tengah permintaan yang kuat, pasar telah mengetat secara signifikan, mendorong harga minyak mentah dan memicu permintaan konsumen untuk meningkatkan pasokan.

Arab Saudi dan Rusia mendukung peningkatan produksi. Anggota OPEC lainnya termasuk Iran telah menentang ini, menghasilkan kebingungan diplomasi menjelang pertemuan.

Bank investasi AS, Jefferies, seperti yang dilansir CNBC mengatakan peningkatan sekitar 450-750.000 bpd tampaknya merupakan hasil yang paling mungkin dari pertemuan tersebut, sebagian besar didorong oleh anggota OPEC Rusia dan Teluk Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Kuwait.

Kenaikan ini pada dasarnya akan mengimbangi penurunan Venezuela dan penurunan ekspor Iran, tetapi memperingatkan bahwa kapasitas cadangan global dapat jatuh secara global ke sekitar 2 persen dari permintaan – level terendah setidaknya sejak 1984.

Itu akan meninggalkan pasar yang rentan terhadap kekurangan pasokan dan lonjakan harga jika terjadi gangguan besar yang tak terduga.

Ketidakpastian besar lainnya adalah potensi tarif China atas impor minyak mentah AS yang dapat diterapkan Beijing dalam perselisihan perdagangan yang meningkat antara Amerika Serikat di satu sisi dan China, Uni Eropa dan India di sisi lain.

Jika bea masuk 25 persen atas impor minyak mentah AS dilaksanakan oleh Beijing, minyak Amerika akan menjadi tidak kompetitif di Tiongkok, memaksanya untuk mencari pembeli di tempat lain.

Pembeli China sudah mulai mengurangi pesanan, dengan penurunan persediaan yang diperkirakan dari bulan September.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi naik jika hasil pertemuan produsen OPEC dan Rusia tidak menghasilkan kesepakatan. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 66,90-$ 67,40, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 65,90-$ 65,40.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here