Bursa Wall Street Akhir Pekan Menguat; Indeks Dow Jones Semester 1 Merosot

2351

(Vibiznews – Index) Bursa AS naik pada akhir perdagangan Sabtu dinihari (30/06), hari perdagangan terakhir pada semester pertama tahun ini, tetapi masih mencatat kerugian mingguan karena sentimen pasar yang emburuk oleh kekuatiran perang perdagangan global.

Indeks Dow Jones naik 55,36 poin menjadi 24.271,41, dengan kenaikan saham Nike.

Indeks S & P 500 naik 0,1 persen dan ditutup pada 2,718.37 karena energi melonjak 0,7 persen.

Indeks Komposit Nasdaq juga naik 0,1 persen menjadi 7.510,30.

Saham Nike melonjak lebih dari 11 persen dan mencapai titik tertinggi sepanjang masa setelah perusahaan melaporkan laba kuartalan dan pendapatan yang melampaui ekspektasi.

Dow naik sebanyak 293,47 poin, tetapi aksi jual di akhir sesi pada saham bank memukul indeks 30 saham dari level tertingginya. Saham-saham bank diperdagangkan lebih tinggi untuk sebagian besar hari setelah mengumumkan pembelian kembali dan kenaikan dividen setelah uji tekanan tahunan Federal Reserve.

Paruh pertama tahun itu penuh dengan gejolak di Wall Street. Indeks utama mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada akhir Januari sebelum kekhawatiran atas naiknya suku bunga membuat saham jatuh dari level tersebut. Ekuitas pulih setelah musim penghasilan yang kuat dan data ekonomi yang terus kuat. Tapi volatilitas kembali ke pasar saat Presiden Donald Trump meningkatkan ketegangan perdagangan antara AS dan beberapa mitra utamanya.

Indeks S & P 500 naik 1,7 persen tahun ini, sementara Dow turun 1,8 persen, menandai kinerja paruh pertama terburuknya sejak 2010. Sementara itu, indeks Nasdaq dan saham kapital kecil Russell 2000 telah mengungguli dengan kenaikan masing-masing 8,8 persen dan 7,1 persen.

Keempat indeks naik pada hari Jumat, mengakhiri paruh pertama dengan rekor tinggi.

Namun meskipun kenaikan, indeks saham ditutup lebih rendah untuk minggu ini karena tarif awal AS dan China akan berlaku minggu depan. Nasdaq turun 2,4 persen untuk minggu ini, kinerja mingguan terburuknya dalam tiga bulan, sementara Dow dan S & P 500 turun masing-masing 1,3 persen. Sementara itu, Russell 2000 turun lebih dari 2 persen.

Pemerintahan Trump diatur untuk mengaktifkan tarif pada barang-barang China senilai sekitar $ 34 miliar pada 6 Juli, yang kemudian secara luas diperkirakan akan memicu respons balasan dari Beijing. Trump juga telah mengenakan Kanada, dengan mengenakan tarif pada impor baja dan aluminium. Kanada mengumumkan tarif pembalasan pada hari Jumat yang menargetkan $ 12,6 miliar dalam barang-barang AS.

Axios melaporkan pada hari Jumat, mengutip sumber, bahwa Trump telah berulang kali mengatakan kepada pejabat Gedung Putih bahwa dia ingin AS menarik diri dari Organisasi Perdagangan Dunia.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street masih berpotensi lemah jika ketegangan perdagangan AS dan sekutunya juga China masih berlangsung. Demikian juga jika Senin malam data ISM Manufacturing dan Markit Manufacturing Juni terealisir turun, akan menekan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here