Harga Minyak Tertekan Perang Dagang AS-China; Brent Merosot 2 Persen

667

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka Brent turun lebih dari $ 2 per barel pada hari Rabu (11/07) setelah Presiden AS Donald Trump berencana mengenakan tarif baru di China dan Libya mengumumkan pembukaan kembali terminal ekspor minyak utama.

Kekuatiran pengenaan tarif pada lebih dari $ 200 miliar barang China membuat harga komoditas lebih rendah bersama dengan pasar saham, karena ketegangan antara ekonomi terbesar di dunia semakin meningkat.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun $ 2,06, atau 2,61 persen, ke level terendah $ 76,80 sebelum pulih sedikit menjadi $ 76,86, turun $ 2,00, pada 0945 GMT.

Harga minyak mentah berjangka AS, sekalipun didukung oleh pasar Amerika Utara yang ketat, turun 75 sen menjadi $ 73,36 per barel.

Penurunan harga dibantu oleh berita National Oil Corp (NOC) yang berbasis di Tripoli telah mencabut force majeure pada empat pelabuhan minyak Libya, mengatakan produksi dan ekspor dari terminal akan “kembali ke level normal dalam beberapa jam ke depan”.

Produksi minyak Libya turun menjadi 527.000 barel per hari (bpd) dari tertinggi 1,28 juta bpd pada Februari setelah penutupan pelabuhan, kata NOC pada Senin.

Menambah suasana bearish adalah tanda kemungkinan pelonggaran sanksi AS terhadap ekspor minyak mentah Iran.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Selasa bahwa Washington akan mempertimbangkan permintaan dari beberapa negara untuk dibebaskan dari sanksi karena berlaku pada bulan November untuk mencegah Iran mengekspor minyak.

Washington sebelumnya mengatakan negara-negara harus menghentikan semua impor minyak Iran mulai 4 November atau menghadapi langkah-langkah keuangan AS, tanpa pengecualian.

Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan multinasional pada bulan Mei untuk mencabut sanksi terhadap Iran sebagai imbalan atas pembatasan program nuklir Teheran.

Prospek sanksi terhadap ekspor minyak dari Iran, produsen minyak terbesar kelima di dunia, telah membantu mendorong harga minyak dalam beberapa pekan terakhir dengan kedua kontrak perdagangan kasar mendekati tertinggi 3,5 tahun.

Pasokan ke pasar AS juga telah terhimpit oleh hilangnya beberapa produksi minyak Kanada.

Persediaan minyak mentah AS turun pekan lalu sebesar 6,8 juta barel, menurut American Petroleum Institute, sebuah kelompok industri.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan mengalami penurunan tajam.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi merosot tertekan perang dagang lanjutan AS-China. Jika pasokan mingguan AS terealisir menurun, dapat membatasi kerugian minyak mentah.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here