Klaim Pengangguran AS Pekan Lalu Turun Mencapai Terendah 2 Bulan

765

(Vibiznews – Economy & Business) Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran turun lebih dari yang diperkirakan pekan lalu, mencapai terendah dua bulan, sebagai tanda bahwa kondisi pasar tenaga kerja tetap kuat pada awal Juli.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara turun 18.000 menjadi 214.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 7 Juli, level terendah sejak awal Mei, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Kamis (12/07). Data klaim untuk minggu sebelumnya direvisi untuk menunjukkan 1.000 lebih banyak aplikasi yang diterima daripada yang dilaporkan sebelumnya.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan klaim jatuh ke 225.000 dalam minggu terakhir.

Data minggu lalu termasuk liburan Hari Kemerdekaan, yang tahun ini jatuh pada hari Rabu, yang mungkin berkontribusi pada penurunan besar dalam aplikasi.

Rata-rata pergerakan empat minggu dari klaim awal, dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja karena memudarnya volatilitas minggu ke minggu, turun 1.750 menjadi 223.000 minggu lalu.

Perekonomian menciptakan 213.000 pekerjaan pada bulan Juni. Sementara tingkat pengangguran meningkat menjadi 4,0 persen dari terendah 18 tahun di 3,8 persen pada Mei, itu karena lebih banyak orang memasuki angkatan kerja, tanda kepercayaan di pasar kerja.

Pasar tenaga kerja dipandang sebagai dekat atau pada pekerjaan penuh. PHK tetap rendah di tengah kekurangan pekerja terampil. Ada 6,6 juta pekerjaan tidak terisi di bulan Mei.

Laporan klaim juga menunjukkan jumlah orang yang menerima manfaat setelah seminggu awal bantuan turun 3.000 hingga 1,74 juta dalam pekan yang berakhir 30 Juni. Rata-rata pergerakan empat minggu dari apa yang disebut klaim berlanjut naik 9.500 menjadi 1,73 juta.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here