Harga Minyak Tergelincir; Pasokan Libya Pulih; Produksi Rusia-OPEC Meningkat

626

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak tergelincir pada Senin (16/07) karena kekhawatiran tentang gangguan pasokan mereda dan pelabuhan Libya dibuka kembali sementara para pedagang mengamati potensi kenaikan produksi Rusia dan produsen minyak lainnya.

Tetapi pasokan global tetap ketat dengan investor mewaspadai dampak kerugian produksi di beberapa negara pengekspor.

Harga minyak mentah berjangka WTI AS turun 50 sen menjadi $ 70,51.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 30 sen menjadi $ 75,03 per barel pada 0750 GMT.

Pasokan padam di Libya, perselisihan tenaga kerja di Norwegia dan kerusuhan di Irak semua membantu mendorong harga minyak lebih tinggi akhir pekan lalu, meskipun harga masih turun untuk minggu kedua berturut-turut.

Rusia dan produsen minyak lainnya dapat meningkatkan produksi sebesar 1 juta barel per hari (bpd) atau lebih jika kekurangan menghantam pasar, Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan.

“Jika kami membutuhkan lebih dari 1 juta bph, saya tidak mengesampingkan bahwa kami dapat dengan cepat mendiskusikannya dan membuat keputusan cepat,” kata Novak kepada wartawan pada hari Jumat, seperti yang dilansir CNBC.

Produksi di ladang minyak raksasa Sharara, Libya diperkirakan turun setidaknya 160.000 barel per hari (bpd) setelah dua staf diculik dalam serangan oleh kelompok yang tidak dikenal, National Oil Corporation mengatakan pada hari Sabtu.

Sebuah serikat pekerja Norwegia untuk pekerja di kilang pengeboran minyak dan gas lepas pantai meningkatkan pemogokan enam hari pada hari Senin yang telah mencapai produksi minyak.

Di Irak, dua pemrotes tewas pada hari Minggu dalam bentrokan dengan pasukan keamanan di kota Samawa di tengah pertikaian di kota-kota selatan atas layanan publik dan korupsi.

Demonstrasi belum mempengaruhi produksi minyak mentah di Basra, yang pengirimannya mencapai lebih dari 95 persen pendapatan negara produsen OPEC Irak. Tetapi gangguan apa pun bisa sangat berdampak pada perekonomian negara dan mendorong harga.

Investor juga berada di tepi atas dampak sengketa perdagangan antara Amerika Serikat dan mitra dagang besarnya.

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin direncanakan mengadakan pertemuan pertama mereka yang berdiri sendiri di Helsinki pada hari Senin. Trump telah vokal tentang ketidakpuasannya dengan harga minyak yang lebih tinggi, meminta OPEC untuk menurunkan harga.

Analis mengatakan ketegangan perdagangan AS-China akan mereda minggu ini dan bisa menjadi kemungkinan plus untuk harga minyak, tetapi kemungkinan penjualan cadangan minyak AS akan menekan harga.

Amerika Serikat memiliki cadangan sekitar 660 juta barel, dan pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan penarikan cadangan minyak negara itu, yang akan meningkatkan pasokan, menurut laporan Bloomberg.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi melemah dengan pulihnya pasokan Libya dan kekuatiran peningkatan produksi OPEC dan Rusia.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here