Harga Minyak Bergerak Naik; Secara Mingguan Masih Melemah

1333

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah naik pada hari Jumat sore (20/07), tetapi diperkirakan mengalami penurunan mingguan pada kekhawatiran tentang kelebihan pasokan dan konflik perdagangan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan China, dua pengguna minyak terbesar dunia.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 29 sen, atau 0,4 persen, pada $ 69,79 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent telah naik 27 sen, atau 0,4 persen, menjadi $ 72,85 per barel pada 0655 GMT.

Namun, kedua patokan berada di jalur untuk kerugian mingguan ketiga mereka, setelah penurunan besar pada hari Senin, dengan Brent diperkirakan turun 3,3 persen dan WTI turun 1,8 persen.

Harga telah terseret oleh kekhawatiran tentang kelebihan pasokan karena beberapa produksi kembali setelah padam, sementara ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China memicu kekhawatiran kerusakan ekonomi mereka dan permintaan mereka untuk komoditas.

Permintaan minyak yang lebih rendah di Amerika Serikat dan China yang disebabkan oleh perlambatan ekonomi dari perang perdagangan mereka kemungkinan akan membebani pasar minyak.

AS menempati sekitar seperlima permintaan minyak global pada tahun 2017, sementara China mengonsumsi sekitar 13 persen, menurut BP Statistical Review of Energy.

Ada beberapa dukungan untuk harga berdasarkan komentar dari Arab Saudi, eksportir minyak terbesar dunia, yang akan memangkas pengiriman minyak mentah.

Negara itu memperkirakan ekspor turun sekitar 100.000 barel per hari pada Agustus karena bekerja untuk memastikan tidak mendorong minyak ke pasar melampaui kebutuhan pelanggan, kata Gubernur OPEC Adeeb Al-Aama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik jika kemunduran dolar AS berlanjut. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 70,30-$ 70,80, dan jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 69,30-$ 68,80.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here