Bursa Wall Street Berakhir Kuat; Dow Jones dan S&P 500 Bulan Juli Tertinggi 6 Bulan

821
wall street

(Vibiznews – Commodity) Bursa Saham AS naik pada akhir perdagangan Rabu dinihari (01/07) setelah sebuah laporan mengatakan AS dan China mencari pembicaraan untuk meredakan konflik perdagangan yang meningkat antara kedua negara. Ekuitas juga membukukan kenaikan bulanan terbesar mereka sejak awal tahun ini.

Indeks Dow Jones melompat 108,36 poin menjadi ditutup pada 25.415,19, dengan 3M, Caterpillar dan Pfizer sebagai saham berkinerja terbaik dalam indeks.

Indeks S & P 500 naik 0,5 persen menjadi 2,816.29 karena industri naik lebih dari 2 persen.

Indeks Nasdaq naik 0,6% menjadi 7,671.79.

Bloomberg News melaporkan bahwa ekonomi terbesar di dunia mencoba untuk memulai kembali pembicaraan untuk menghindari perang dagang besar-besaran. Laporan itu, yang mengutip dua orang yang akrab dengan situasi itu, kata Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Wakil Perdana Menteri China Liu Dia berbicara secara pribadi tentang masalah ini. Mnuchin mengatakan kepada CNBC pekan lalu, “masih ada beberapa percakapan tenang” mengenai China.

Saham eksportir besar Boeing dan Caterpillar melonjak 1,5 persen dan 2,9 persen, masing-masing, pada laporan itu. Saham Deere juga naik hampir 5 persen.

Hari Selasa adalah hari perdagangan terakhir bulan Juli, dan rata-rata utama membukukan keuntungan bulanan yang kuat. Indeks Dow Jones dan S & P 500 masing-masing naik 4,7 persen dan 3,6 persen, kenaikan bulanan terbesar mereka sejak Januari. Dow naik 5,8 persen pada Januari, sementara S & P 500 naik 5,6 persen pada bulan itu. Sedangkan indeks Nasdaq naik lebih dari 2 persen di bulan Juli dan mencatat kenaikan bulanan keempat berturut-turut.

Ekuitas mendapat dorongan bulan ini dari pendapatan perusahaan yang kuat dan data ekonomi positif.

Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Jumat bahwa ekonomi AS tumbuh sebesar 4,1 persen pada kuartal kedua, mencatat laju pertumbuhan tercepat sejak kuartal ketiga 2014. Perekonomian mendapat dorongan dari belanja konsumen dan bisnis yang kuat serta lonjakan ekspor.

Sekitar 60 persen dari S & P 500 telah merilis hasil kuartalan terbaru, dengan 82 persen dari perusahaan-perusahaan tersebut membukukan laba lebih baik dari perkiraan, menurut Thomson Reuters I / B / E / S.

Musim penghasilan perusahaan berlanjut pada hari Selasa dengan emiten Dow Procter & Gamble dan Pfizer melaporkan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan. Saham Procter naik 0,9 persen, sementara saham Pfizer naik 3,5 persen. Apple, emiten Dow lainnya, dijadwalkan untuk melaporkan Selasa setelah penutupan.

Tapi saham telah berada di bawah tekanan baru-baru ini di tengah penjualan yang tajam di bidang teknologi. Tech telah kehilangan 5,4 persen selama tiga sesi terakhir setelah hasil beragam dari beberapa perusahaan terbesar di sektor ini. Facebook melaporkan pendapatan yang lebih lemah dari perkiraan pekan lalu dan mengecewakan pengguna aktif harian global, metrik utama bagi perusahaan. Twitter, sementara itu, memposting lebih sedikit dari perkiraan pengguna bulanan untuk kuartal sebelumnya.

Hasil ini telah menyebabkan beberapa investor kehilangan kepercayaan pada apa yang disebut perdagangan FANG, yang bertanggung jawab untuk bagian terbesar dari perolehan S & P 500 tahun ini. Mereka juga telah menyebabkan Nasdaq teknologi berat jatuh setidaknya 1 persen dalam tiga sesi berturut-turut. Kabar baik bagi investor adalah Nasdaq cenderung bangkit kembali dengan tajam dari kerugian tersebut.

Sejak krisis keuangan, Nasdaq telah membukukan tiga kerugian langsung 1 persen atau lebih pada lima kesempatan, menurut data dari Kensho. Mengikuti penurunan tersebut, Nasdaq telah meningkat lebih dari 5 persen selama bulan berikutnya, data menunjukkan.

Malam nanti akan dirilis data ADP Employment Change Juli AS yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak naik jika data ADP Employment Change Juli AS terealisir meningkat. Juga jika terjadi kemajuan pembicaraan perdagangan AS-China, akan memberikan dorongan positif.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here