Harga Minyak Naik Tipis; Ketegangan Perdagangan Masih Mengancam

974

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik tipis pada Kamis sore (09/08), mencoba bangkit dari penurunan tajam sebelumnya, setelah putaran pertama sanksi AS terhadap Iran mulai berlaku, meskipun kepercayaan terhadap permintaan minyak mentah telah terpukul oleh meningkatnya sengketa perdagangan AS-China.

Harga minyak mentah berjangka AS naik 2 sen menjadi $ 66,96 per barel, setelah ditutup 3,2 persen sehari sebelumnya.

Minyak mentah Brent berjangka naik 11 sen menjadi $ 72,39 per barel, setelah turun lebih dari 3 persen pada hari Rabu.

Amerika Serikat pada Selasa memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran, produsen terbesar ketiga di Organisasi Negara Pengekspor Minyak.

Sanksi baru tidak akan langsung menargetkan minyak Iran sampai November, meskipun Presiden AS Donald Trump mengatakan dia ingin sebanyak mungkin negara untuk mengurangi impor mereka dari minyak mentah Iran ke nol.

Sebagai bagian dari pembalasan terbaru terhadap Washington dalam perselisihan perdagangan yang memuncak, China akan mengenakan tarif 25 persen pada $ 16 miliar lebih lanjut dalam impor AS, yang akan mempengaruhi perdagangan barang dari bahan bakar dan produk baja ke mobil dan peralatan medis. Minyak mentah akan dibebaskan.

Perang perdagangan yang sedang berlangsung mengguncang pasar global dan investor khawatir perlambatan ekonomi terbesar kedua dunia akan memangkas permintaan untuk komoditas.

Di atas dampak pada ekonomi global yang lebih luas, ada kekhawatiran di pasar minyak mentah tentang permintaan China. Impor mentah meningkat pada bulan Juli setelah dua bulan menurun, tetapi masih termasuk yang terendah tahun ini karena penurunan permintaan dari kilang-kilang independen yang lebih kecil.

Administrasi Informasi Energi AS, melaporkan bahwa persediaan minyak mentah turun 1,4 juta barel dalam minggu terakhir, kurang dari setengah dari penurunan 3,3 juta barel yang analis perkirakan.

Pasokan bensin naik 2,9 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi untuk penurunan 1,7 juta barel per barel, seperti yang diperkirakan dalam jajak pendapat Reuters.

Dalam tanda lain bahwa eksportir sedang mempersiapkan permintaan yang lebih lambat dari beberapa pembeli besar Asia, Irak memangkas harga penjualan resmi untuk kargo September minyak mentah Basra Light untuk pelanggan Asia pada Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah dengan ketegangan perang dagang dapat menekan permintaan komoditas. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 66,50-$ 66,00. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 67,50-$ 68,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here