Lira Runtuh, Inflasi Dan Hutang Mencekik, Bank Sentral Turki Lumpuh

1004

(Vibiznews – Economy & Business) – Lira runtuh saat Erdogan memberitahu orang-orang Turki ‘mereka memiliki dolar mereka, kami memiliki Tuhan kami’
Lira Turki mencapai titik terendah sepanjang waktu versus dolar AS.
Perekonomian negara dipandang tidak seimbang karena inflasi yang merajalela. Amerika Serikat juga mengancam akan menerapkan “sanksi besar” atas penyanderaan seorang pendeta AS.

Lira Turki telah runtuh ke rekor terendah sepanjang masa terhadap dolar, tapi pemimpin negara itu telah menepis kekhawatiran, mengatakan Turki “kita memiliki Allah kita.”

Sekitar pukul 5:00 ET, mata uang telah naik kembali ke $ 5,911 yang sebelumnya, di bulan April satu dolar AS dapat dibeli dengan sekitar empat lira Turki.

Pemberita Injil dari AS, Andrew Brunson, dituduh mendukung kelompok yang dituduh melakukan kudeta pada tahun 2016.

Presiden Donald Trump mengatakan pada bulan Juli bahwa AS akan menempatkan “sanksi besar” pada negara untuk penahanan pendeta.

Kamis malam, Presiden Turki Recep Erdogan mengatakan dia akan tahan terhadap tekanan itu.

Euro turun 0,5 persen terhadap dolar pada Jumat pagi, menyusul laporan bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) prihatin atas dampak dari lira Turki pada bank-bank Eropa.

Menurut Financial Times, depresiasi lira bisa menyakiti bank-bank Eropa seperti Spanyol BBVA, Italia UniCredit, dan Perancis BNP Paribas pada khususnya.

Bank sentral Turki memiliki kredibilitas nol, strategist mengatakan, pada akhirnya sekarang, ada nol kredibilitas di Bank Sentral Turki dan nol kredibilitas dalam pembuatan kebijakan Turki. Apapun yang mereka lakukan, pasar tidak percaya mereka.

Perkiraan terbaru dari Dana Moneter Internasional (IMF) menunjukkan utang Turki dalam mata uang lainnya lebih dari 50 persen dari produk domestik bruto negara itu.

Inflasi di negara tersebut telah merajalela dengan harga konsumen naik hampir 16 persen pada bulan Juli saja. Sementara bank sentral negara itu telah menaikkan suku bunga di masa lalu untuk mendukung mata uang dan memadamkan inflasi, pertemuan terbaru pada bulan Juli melihat bank sentral Turki tak terduga menahan suku bunga acuan pada 17,75 persen. Erdogan telah berulang kali menegaskan bahwa tingkat tidak harus ditingkatkan terlalu tinggi, memicu saran bahwa bank sentral tidak bertindak dengan kemerdekaan penuh.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here