Emas “rebound” Ke “Multi-Day Top”, Dekat Level $1190 an

741

(Vibiznews=Commodity) Harga emas membukukan keuntungan yang lumayan pada awal perdagangan Amerika Serikat hari Senin kemarin, dengan perak juga naik cukup karena beberapa berita ekonomi yang positip dari Cina, pengimpor metal yang utama. Sebagian “short covering” pada pasar emas dan perak berjangka kelihatan memulai minggu perdagangan yang baru.

Penurunan pada pasar emas dan perak kelihatannya sudah mulai mengalami kelelahan, yang mulai memberikan petunjuk bahwa dasar dari pasar sedang terjadi. Emas berjangka bulan Desember naik $9.60 per ons pada $1193.80. Perak Comex bulan September naik $0.074 pada $14.705 an.

Pasar forex telah stabil setelah mengalami kekacauan belakangan ini yang disebabkan terutama oleh terdepresiasinya secara mendalam Lira Turki. Krisis matauang di Turki telah mulai mereda.Yuan Cina telah naik pada hari ini karena laporan pejabat ekonomi Cina ingin menstimulir belanja atas proyek-proyek infrastruktur. Pada akhir minggu lalu dilaporkan juga bahwa Amerika Serikat dan Cina akan memulai pembicaraan perdagangan pada level rendah nanti pada bulan ini, dalam usaha untuk mencoba memecahkan perang dagang mereka saat ini.

Sebagai akibatnya dolar AS telah kehilangan pijakannya sebagai pemain “safe-haven” dan menguntungkan pasar komoditas.

Para “trader” juga terus memperhatikan perkembangan pembicaraan dengan Cina. Perkembangan yang memburuk kemungkinan bisa membuat the Fed menahan diri dan komentar Gubernur Federal Reserve Powell di Jackson Hole Wyoming pada hari Jumat yang akan datang akan dimonitor dengan seksama untuk melihat bagaimanakah keprihatinan the Fed apabila pembicaraan mengenai perdagangan gagal.

Minggu ini penting untuk memperhatikan dunia twitter karena segala sesuatu yang Presiden Amerika Serikat katakana mengenai perdagangan dengan Cina ataupun mengenai rencana kenaikan tingkat bunga berikutnya akan menciptakan volatilitas.

Setiap pergerakan naik dari emas akan berhadapan dengan “resistant” dekat area $1192-93 sebelum menembus batas psikologis $1200. Kebalikannya zona $1181-80 sekarang nampaknya melindungi penurunan tiba-tiba yang mana apabila tertembus akan mencapai “support” dekat regional pada $1174 – 73.
Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here