Harga Minyak Menuju Kerugian Mingguan 6 Persen

1055

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak tergelincir pada Jumat, menuju kerugian mingguan lebih dari 6 persen, setelah laporan bahwa Washington telah memberikan beberapa negara keringanan sanksi di Tehran, yang memungkinkan mereka untuk terus mengimpor minyak mentah Iran.

Harga minyak mentah berjangka AS bergerak 25 sen lebih rendah pada $ 63,44, turun lebih dari 13 persen sejak mencapai tertinggi empat tahun sebulan lalu.

Harga minyak mentah berjangka Brent bergerak turun 20 sen per barel di $ 72,69 pada 0900 GMT. Kontrak telah jatuh 12 persen sejak awal Oktober.

Pasar global termasuk minyak, naik lebih awal pada hari Jumat dengan harapan bahwa sengketa perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia dapat segera diselesaikan.

Tetapi sentimen berubah negatif setelah laporan bahwa pemerintah menerima beberapa keringanan yang akan memungkinkan mereka untuk mengimpor beberapa minyak mentah Iran setelah sanksi AS diberlakukan minggu depan.

Pemerintah AS telah setuju untuk membiarkan delapan negara, termasuk sekutu dekat Korea Selatan dan Jepang, serta India, tetap membeli minyak Iran setelah menerapkan kembali sanksi, Bloomberg melaporkan pada hari Jumat, mengutip seorang pejabat AS.

Daftar semua negara mendapatkan keringanan diharapkan akan dirilis secara resmi pada hari Senin, beberapa sumber industri mengatakan. Terlepas dari upaya-upaya ini, para analis mengatakan setiap kemungkinan keringanan sanksi minyak Iran mungkin hanya sementara.

Goldman Sachs mengatakan mereka memperkirakan ekspor minyak mentah Iran jatuh ke 1,15 juta bph pada akhir tahun, turun dari sekitar 2,5 juta bpd pada pertengahan 2018.

Di luar sanksi Iran, produksi minyak telah meningkat secara signifikan dalam dua bulan terakhir.

Data Kementerian Energi Rusia menunjukkan pada hari Jumat bahwa negara itu memompa 11,41 juta barel per hari (bpd) minyak mentah pada Oktober, tertinggi 30 tahun.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak mendorong produksi minyak pada Oktober menjadi 33,31 juta barel per hari, naik 390.000 barel per hari dan tertinggi oleh OPEC sejak 2016.

Di Amerika Serikat, produksi minyak mentah AS sekarang lebih dari 11 juta bpd, menempatkan AS dalam perlombaan dengan Rusia untuk menjadi produsen tertinggi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak masih berpotensi lemah dengan pelonggaran sanksi Iran. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 62,90-$ 62,40, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 63,90-$ 64,40.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here