Harga Minyak Jatuh Akibat Buruknya Data Ekonomi China

1353

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak jatuh pada hari Jumat setelah China melaporkan data ekonomi lebih lambat, menunjukkan permintaan bahan bakar yang lebih rendah di importir minyak terbesar dunia ini, meskipun sentimen pasar didukung oleh penurunan pasokan yang disepakati pekan lalu oleh produsen minyak mentah utama.

Harga minyak mentah berjangka AS bergerak 32 sen lebih rendah pada $ 52,26

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 41 sen menjadi $ 61,04 per barel, di jalur untuk penurunan minggu ini sekitar 1 persen. .

China pada hari Jumat melaporkan beberapa pertumbuhan paling lambat dalam penjualan ritel dan propduksi industri dalam beberapa tahun, menyoroti risiko perselisihan perdagangan dengan Amerika Serikat.

Kilang minyak China pada November turun dari Oktober, menunjukkan pelonggaran permintaan minyak, meskipun berjalan 2,9 persen di atas tingkat tahun lalu.

Prihatin dengan meningkatnya kelebihan pasokan, Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen minyak lainnya termasuk Rusia sepakat minggu lalu untuk mengurangi produksi sebesar 1,2 juta barel per hari (bpd), atau lebih dari 1 persen dari permintaan global.

Badan Energi Internasional mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka memperkirakan defisit dalam pasokan minyak pada kuartal kedua tahun depan, asalkan anggota OPEC dan produsen utama lainnya berjalan erat dengan kesepakatan pekan lalu untuk memangkas produksi.

Sebagai bagian dari perjanjian, pemimpin OPEC secara de facto Arab Saudi berencana untuk mengurangi produksinya menjadi 10,2 juta bph pada bulan Januari.

IEA mempertahankan prediksi 2019 untuk pertumbuhan permintaan minyak global pada 1,4 juta barel per hari, tidak berubah dari proyeksi bulan lalu, dan mengatakan pihaknya memperkirakan pertumbuhan 1,3 juta barel per hari tahun ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak bergerak lemah tertekan buruknya data ekonomi China. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 51,80-$ 51,30, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 52,80-$ 53,30

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here