Harga Minyak Bergerak Turun; Produksi AS Naik Mendekati Rekor 12 Juta Bpd

589

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun pada hari Kamis (17/01) karena produksi minyak mentah AS mendekati rekor 12 juta barel per hari (bpd) yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 51,92 per barel pada 0752 GMT, turun 39 sen, atau 0,8 persen.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 37 sen, atau 0,6 persen, pada $ 60,95 per barel.

Produksi minyak mentah Amerika mencapai rekor 11,9 juta barel per hari dalam pekan yang berakhir 11 Januari, Administrasi Informasi Energi (EIA) mengatakan pada hari Rabu, naik dari 11,7 juta barel per hari minggu lalu, yang sudah menjadi produksi nasional tertinggi di dunia.

Produksi A.S. telah melonjak sebesar 2,4 juta barel per hari sejak Januari 2018, memicu kekhawatiran kelebihan pasokan.

EIA juga mengatakan pasokan bensin naik 7,5 juta barel pekan lalu, jauh melebihi ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 2,8 juta barel. Pada 255,6 juta barel, pasokan bensin berada di level tertinggi mingguan sejak Februari 2017.

Pasokan distilasi, yang meliputi diesel dan minyak pemanas, naik 3,0 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 1,6 juta barel, data EIA menunjukkan.

Seiring dengan lonjakan produksi minyak mentah AS, ekspor dari Amerika Serikat juga meningkat, mencapai rekor 3,2 juta barel per hari pada akhir tahun lalu.

Melonjaknya pasokan A.S. terjadi di tengah kekhawatiran gagapnya pertumbuhan permintaan karena perlambatan ekonomi global, yang diyakini sejumlah analis akan berubah menjadi resesi.

Untuk membendung kekenyangan minyak bumi, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang didominasi Timur Tengah dan produsen non-OPEC Rusia memimpin upaya untuk mengurangi pasokan.

Ini telah mencegah harga minyak mentah jatuh jauh lebih rendah meskipun permintaan melemah dan lonjakan produksi A.S.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah melanjutkan pelemahannya terganjal peningkatan produksi AS. Namun menurunnya produksi OPEC diperkirakan mengurangi kemerosotan. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 51,50-$ 51,00, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 52,50-$ 53,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here