Harga Minyak Melemah Tertekan Peningkatan Pasokan dan Produksi AS

792

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun pada hari Kamis (07/02) setelah persediaan minyak mentah AS naik dan produksi AS bertahan pada tingkat rekor, tetapi pengurangan pasokan yang dipimpin OPEC dan sanksi Washington terhadap Venezuela mendukung pasar.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 53,61 per barel, turun 40 sen, atau 0,74 persen.

Minyak mentah berjangka internasional Brent turun 29 sen, atau 0,46 persen, menjadi $ 62,40 per barel.

Persediaan minyak mentah AS naik 1,3 juta barel dalam minggu yang berakhir 1 Februari menjadi 447,21 juta barel, data dari Administrasi Informasi Energi (EIA) menunjukkan pada hari Rabu.

Sementara itu, rata-rata produksi minyak mentah mingguan AS tetap pada rekor 11,9 juta barel per hari (bph) yang dicapai pada akhir 2018. Amerika Serikat saat ini adalah produsen minyak terbesar di dunia, di atas Rusia dan Arab Saudi.

Ada juga kekhawatiran bahwa perlambatan ekonomi akan segera membebani pertumbuhan permintaan bahan bakar, dengan hasil industri Jerman secara tak terduga turun pada bulan Desember untuk bulan keempat berturut-turut.

Memberikan dukungan harga kepada pasar global adalah pengurangan pasokan yang dipimpin oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang bertujuan memperketat pasar.

Sementara itu, sanksi AS terhadap industri minyak Venezuela diperkirakan akan membekukan hasil penjualan ekspor minyak mentah Venezuela ke Amerika Serikat.

Bank ANZ menyatakan sekitar sepertiga dari ekspor Venezuela mengarah ke AS. Dengan demikian, diperkirakan ekspor Venezuela akan turun 300.000 barel per hari (bpd) menjadi sekitar 700.000 barel per hari.

Washington mengatakan pekan lalu bahwa setelah 28 April perusahaan asing tidak akan dapat melakukan bisnis dengan perusahaan minyak milik negara Venezuela PDVSA menggunakan sistem keuangan AS, secara efektif melarang mereka membayar dalam dolar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah dengan meningkatnya persediaan minyak mentah mingguan AS yang dirilis EIA juga peningkatan produksi AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 53,10-$ 52,60, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,10-$ 54,60.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here