Harga Minyak Tertekan Peningkatan Pengeboran AS dan Perlambatan Ekonomi

833

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun pada hari Senin (11/02) di sesi Eropa tertekan peningkatan aktifitas pengeboran di Amerika Serikat dan kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi yang membatasi permintaan bahan bakar.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 52,17 per barel pada 0750 GMT, turun 55 sen, atau 1 persen.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 27 sen, atau 0,4 persen, menjadi $ 61,83 per barel.

Di Amerika Serikat, perusahaan energi minggu lalu meningkatkan jumlah kilang minyak yang beroperasi untuk kedua kalinya dalam tiga minggu, sebuah laporan mingguan oleh Baker Hughes mengatakan pada hari Jumat.

Perusahaan menambahkan tujuh kilang minyak dalam seminggu hingga 8 Februari, sehingga jumlah total menjadi 854, menunjuk ke kenaikan lebih lanjut dalam produksi minyak mentah AS, yang sudah mencapai rekor 11,9 juta barel per hari.

Di tempat lain, kepala raksasa minyak Rusia Rosneft, Igor Sechin, telah menulis surat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kesepakatan Moskow dengan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk menahan produksi adalah ancaman strategis.

Apa yang disebut kesepakatan OPEC + telah berlaku sejak 2017, yang bertujuan mengekang kelebihan pasokan global. Ini telah diperpanjang beberapa kali dan di bawah kesepakatan terbaru para peserta memangkas produksi sebesar 1,2 juta barel per hari hingga akhir Juni.

OPEC dan sekutunya akan bertemu pada 17 dan 18 April di Wina untuk meninjau pakta tersebut.

Analis mengatakan kekhawatiran ekonomi juga membebani harga minyak mentah.

Pembicaraan perdagangan antara Washington dan Beijing dilanjutkan pekan ini dengan delegasi pejabat AS yang melakukan perjalanan ke China untuk putaran negosiasi berikutnya. Amerika Serikat mengancam akan menaikkan tarif yang sudah dikenakan pada barang-barang dari China pada 1 Maret jika pembicaraan perdagangan tidak menghasilkan kesepakatan.

Mencegah harga minyak mentah agar tidak jatuh lebih jauh adalah sanksi AS terhadap Venezuela, yang menargetkan perusahaan minyak milik negara Petroleos de Venezeula SA (PDVSA).

Harga WTI juga terpengaruh oleh penutupan unit penyulingan minyak mentah (CDU) 120.000 barel per hari (bpd) di kilang Phillips 66’s Wood River, Illinois, menyusul kebakaran pada hari Minggu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah tertekan peningkatan produksi AS dan kekuatiran perlambatan ekonomi global yang dapat memicu merosotnya permintaan. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 51,50-$ 51,00, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 52,50-$ 53,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here