Harga Minyak Naik Terbantu Pemotongan Produksi OPEC

1036

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Rabu (13/02) di sesi Eropa, setelah pernyataan Arab Saudi akan memotong ekspor minyak mentah dan menurunkan produksinya lebih dalam. Dukungan juga datang dari penurunan persediaan minyak domestik AS.

Harga minyak mentah berjangka AS naik 66 sen untuk diperdagangkan pada $ 53,76 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 88 sen menjadi $ 63,30 per barel pada 0950 GMT.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah memangkas produksinya hampir 800.000 barel per hari pada Januari menjadi 30,81 juta barel per hari.

Sebagian besar pengurangan itu berkat Arab Saudi. Menteri Energi Khalid al-Falih pada hari Selasa mengatakan kepada Financial Times bahwa produksi akan turun di bawah 10 juta barel per hari di bulan Maret, lebih dari setengah juta barel per hari di bawah target yang disepakati sebagai bagian dari kesepakatan global untuk membatasi pasokan.

Pembatasan A.S. di sektor energi Venezuela telah melumpuhkan ekspor dan mengancam untuk menghapus sekitar 330.000 barel per hari dalam pasokan dari pasar tahun ini, menurut Goldman Sachs.

Harga minyak telah naik sebesar 20 persen sepanjang tahun ini, namun sebagian besar kenaikan itu terwujud pada awal Januari, sebelum pengenaan sanksi AS terhadap sektor energi Venezuela.

Pasar minyak global tetap dipasok dengan baik, Badan Energi Internasional mengatakan dalam laporan pasar bulanannya pada hari Rabu dan produksi kemungkinan masih akan melebihi permintaan tahun ini, terlepas dari upaya OPEC dan sanksi AS terhadap Iran dan Venezuela.

“Harga minyak tidak meningkat secara mengkhawatirkan karena pasar masih bekerja dari surplus yang dibangun pada paruh kedua tahun 2018,” kata IEA seperti yang dilansir CNBC.

Venezuela telah mencoba mencari pelanggan alternatif, terutama di Asia, tetapi di bawah tekanan A.S. banyak pembeli juga menghindar dari berurusan dengan PDVSA.

Di Amerika Serikat, persediaan minyak mentah turun 998.000 barel dalam minggu terakhir, mengalahkan perkiraan untuk kenaikan 2,7 juta barel, menurut data dari kelompok industri American Petroleum Institute pada Selasa.

Produksi minyak mentah AS diperkirakan akan tumbuh sebesar 1,45 juta barel per hari tahun ini dan 790.000 barel per tahun lainnya tahun depan akan mencapai 13 juta barel per hari pada tahun 2020, menurut Administrasi Informasi Energi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik terbantu pemotongan produksi OPEC dan penurunan pasokan minyak mingguan AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,30-$ 54,80, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 53,30-$ 52,80.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here