Harga Minyak Naik Terbantu Penurunan Pasokan OPEC dan Sanksi AS

1038

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak merangkak naik pada Kamis (07/03) terbantu penurunan pasokan OPEC dan sanksi A.S. terhadap eksportir Venezuela dan Iran, tetapi kenaikan dibatasi oleh rekor produksi minyak AS dan meningkatnya persediaan bahan bakar komersial.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 56,73 per barel, naik 51 sen, atau 0,91 persen.

Minyak mentah berjangka Brent berada di $ 66,71 per barel, naik 72 sen, atau 1,09 persen.

Harga sedang didukung oleh upaya yang dipimpin oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara-negara lain (OPEC +) untuk menahan sekitar 1,2 juta barel per hari (bph) minyak, sebuah strategi yang bertujuan memperketat pasar.

Sanksi A.S. terhadap industri minyak anggota OPEC Iran dan Venezuela juga berdampak, kata para pedagang.

Perusahaan minyak milik negara Venezuela PDVSA minggu ini mengumumkan keadaan darurat maritim, dengan alasan kesulitan mengakses tanker dan personel untuk mengekspor minyaknya di tengah sanksi.

Dalam sanksi AS terhadap Iran, Washington memberikan pembeli terbesarnya – sebagian besar di Asia – keringanan ketika langkah-langkah itu diperkenalkan kembali pada November 2018 yang akan memungkinkan mereka untuk membeli minyak mentah dalam jumlah terbatas selama 180 hari.

Washington telah menekan pemerintah-pemerintah ini untuk secara bertahap mengurangi impor minyak mereka dari Iran menjadi nol, tetapi para importir tetap dalam negosiasi mengenai perpanjangan potensial untuk keringanan ini.

Terlepas dari faktor-faktor ini, minyak tetap dalam pasokan berlimpah berkat melonjaknya produksi AS, yang telah menyebabkan WTI lebih lemah daripada harga Brent.

Pasokan minyak mentah AS naik lebih dari yang diperkirakan minggu lalu, dengan persediaan naik 7,1 juta barel menjadi 452,93 juta barel, menurut laporan mingguan oleh Administrasi Informasi Energi (EIA) AS pada Rabu.

Sementara itu produksi minyak mentah AS tetap pada rekor 12,1 juta barel per hari, meningkat lebih dari 2 juta barel per hari sejak awal 2018.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik terpicu penurunan pasokan OPEC dan sanksi AS terhadap Venezuela dan Iran. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 57,25-$ 57,75, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 56,25-$ 55,75.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here