Harga Minyak Menguat Terdukung Penurunan Produksi AS

1008

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Rabu, didukung oleh produksi AS yang lebih lambat dari yang diperkirakan, dan saat sanksi AS menghentikan ekspor dari Venezuela.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS berada di $ 57,87 per barel, naik $ 1,00, atau 1,76 persen.

Harga minyak mentah berjangka internasional Brent berada di $ 67,26 per barel, naik 59 sen, atau 0,88 persen.

Administrasi Informasi Energi AS (EIA) mengatakan pada hari Selasa bahwa produksi minyak mentah AS diperkirakan akan tumbuh lebih lambat pada 2019 daripada yang diperkirakan sebelumnya, rata-rata sekitar 12,30 juta barel per hari (bph).

EIA merevisi turun angka produksi 2020 yang diproyeksikan dari 13,20 juta barel per hari menjadi 13,03 juta barel per hari.

Pasokan minyak mentah AS juga turun secara tak terduga minggu lalu, data dari American Petroleum Institute menunjukkan pada hari Selasa, dalam tanda yang baik untuk permintaan minyak karena pasokan dari berbagai produsen sedang diatasi.

Harga minyak telah terdongkrak tahun ini oleh pemangkasan pasokan yang dipimpin oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak yang didominasi Timur Tengah.

Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan pada hari Minggu bahwa perjanjian pembatasan produksi kemungkinan akan berlangsung hingga setidaknya Juni. Arab Saudi, pengekspor minyak utama dunia, mengindikasikan pada hari Senin bahwa mereka akan memangkas ekspor April.

Pasar semakin diperketat oleh sanksi A.S. terhadap ekspor minyak dari anggota OPEC Iran dan Venezuela.

Pemadaman terburuk Venezuela tercatat telah membuat sebagian besar negara itu tidak memiliki listrik selama enam hari.

Malam ini juga akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik dengan perkiraan perlambatan produksi AS dan sanksi Venezuela. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 58,40-$ 58,90, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 57,40-$ 56,90.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here