Harga Emas Melemah Menjelang Pernyataan FOMC

668

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak turun sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Rabu kemarin. Metal dan pasar lainnya berhenti sejenak menjelang pernyataan dari Federal Open Market Committee (FOMC) dan konferensi pers Gubernur Fed Jerome Powell pada hari Kamis dinihari.

Emas berjangka bulan April terakhir turun $2.00 per ons pada $1,304.50. Perak Comex bulan Mei terakhir turun $0.052 pada $15.32 per ons.

Para trader dan investor fokus pada pertemuan FOMC yang dimulai pada hari Selasa siang dan berakhir pada Kamis dinihari dengan sebuah pernyataan. FOMC diperkirakan tidak akan mengubah kebijakan moneter pada pertemuan ini. The Fed telah menjadi lebih “dovish” pada beberapa bulan yang lalu. Seperti biasanya, pasar akan mencermati pernyataan FOMC dan perkataan dari Gubernur Fed Jerome Powell untuk mendapatkan petunjuk mengenai jalan kedepan dan waktu dari perubahan kebijakan moneter.

Saham-saham Asia dan Eropa kebanyakan naik lebih tinggi semalam. Minat terhadap resiko di pasar dunia tetap bagus, karena tidak ada persoalan geopolitik utama yang menggerakkan pasar dunia. Indeks saham AS mengarah bercampur di dalam rentang yang sempit pada saat pembukaan sesi New York dimulai.

Laporan-laporan baru mengatakan AS dan Cina sedang bergerak lebih dekat kepada persetujuan perdagangan formal setelah kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia bertempur di dalam perang dagang selama berbulan-bulan. Laporan mengatakan Sekretaris Treasury AS Mnuchin dan Wakil Perdagangan AS Lighthizer akan berpergian ke Cina minggu depan untuk diskusi level tinggi untuk mencoba menyimpulkan kesepakatan.

Hal diluar pasar pada hari kemarin adalah sedikit menguatnya indeks dolar AS karena koreksi naik setelah menyentuh tiga minggu rendah pada hari Selasa. Kenaikan “greenback” telah memudar belakangan ini. Sementara itu harga minyak mentah Nymex turun sedikit dan diperdagangkan sedikit dibawah $59.50 per barel. Harga minyak menyentuh ketinggian empat bulan pada hari Selasa.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas berikutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,320.00 setelah melewati $1,311.60 dan kemudian $1,317.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas berikutnya adalah menembus “support” yang solid di $1,280.80 setelah melewati $1,300.00 dan $1,298.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here