Harga Minyak Meningkat Terdukung Sentimen Pengetatan Pasokan

1323

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Jumat (12/04) terdukung pemangkasan pasokan dari Venezuela, Libya dan Iran serta kesepakatan pengurangan produksi dari OPEC dan sekutunya.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 64,58 per barel, naik $ 1,00 atau 1,57 persen, ditetapkan untuk kenaikan mingguan 1,7 persen, kenaikan keenam berturut-turut minggu ini.

Harga minyak mentah berjangka Brent berada di $ 71,70 per barel, naik 87 sen atau 1,23 persen dan menuju kenaikan mingguan 1,5 persen, kenaikan mingguan ketiga berturut-turut.

Pasar minyak telah meningkat lebih dari sepertiga tahun ini oleh pengurangan pasokan yang dipimpin oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), sanksi AS terhadap eksportir minyak Iran dan Venezuela, dan konflik yang meningkat di Libya.

Kepala Perusahaan Minyak Nasional Libya pada hari Jumat memperingatkan bahwa pertempuran baru dapat menghapus produksi minyak mentah di negara itu.

OPEC dan sekutu-sekutunya akan bertemu pada Juni untuk memutuskan apakah akan melanjutkan menahan pasokan, dan sementara pemimpin OPEC de-facto, Arab Saudi, terlihat tertarik untuk terus memotong, sumber-sumber dalam kelompok itu mengatakan mungkin akan meningkatkan produksi mulai Juli jika gangguan di tempat lain terus.

Di sisi permintaan, sebagian besar pertumbuhan konsumsi bahan bakar dunia berasal dari Asia, di mana pertumbuhan ekonomi China diperkirakan melambat ke level terendah dalam 30 tahun mendekati 6,2 persen tahun ini, sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik terdukung sentimen pengetatan pasokan, seiring sanksi AS terhadap Iran dan Venezuela, serta pengurangan produksi OPEC. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 65,00-$ 65,50, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 64,00-$ 63,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here