Harga Minyak Turun; Perlambatan Ekonomi Menekan Permintaan

720

(Vibiznews – Index) Harga minyak turun pada Selasa (04/06) karena perlambatan ekonomi mulai mengurangi permintaan energi, tetapi pasar memperoleh dukungan setelah Arab Saudi dan produsen lainnya setuju untuk memperpanjang pengurangan pasokan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 52,82 per barel, turun 43 sen, atau 0,81%.

Harga minyak mentah berjangka Brent berada di $ 60,57, turun 61 sen atau 1,16%.

Harga minyak mentah berjangka berada di sekitar 20% di bawah puncak 2019 yang dicapai pada akhir April, dengan Mei mencatat penurunan bulanan paling tajam sejak November.

Harga energi lainnya, seperti batu bara dan gas, juga terpukul keras oleh penurunan.

Itu terjadi ketika pedagang keuangan menjual pasar energi di tengah kekhawatiran yang berkembang tentang prospek ekonomi dunia di tengah perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Untuk mencegah kelebihan pasokan dan menopang pasar, klub produsen Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang didominasi Timur Tengah, bersama dengan beberapa sekutu termasuk Rusia, telah menahan pasokan sejak awal tahun untuk menopang pasar.

Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan pada hari Senin bahwa konsensus muncul di antara produsen untuk terus bekerja mempertahankan stabilitas pasar pada paruh kedua tahun ini.

Produsen khawatir bahwa perlambatan ekonomi akan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Ekonomi Korea Selatan menyusut 0,4% pada kuartal pertama sementara inflasi inti melambat ke level hampir 20 tahun pada Mei, data menunjukkan pada hari Selasa, menunjukkan perlambatan ekonomi lebih lanjut di Asia.

Lebih lanjut menekan harga minyak dan merusak upaya OPEC untuk mengencangkan pasar adalah lonjakan produksi AS, yang telah membuat AS produsen minyak mentah terbesar di dunia, pada 12,3 juta barel per hari (bph) pada akhir Mei, dibandingkan 11,11 juta barel per hari yang diproduksi di Rusia dan 9,65 juta barel per hari yang diproduksi Arab Saudi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah dengan kekuatiran perang dagang dan perlambatan ekonomi menekan permintaan minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 52,30-$ 51,80, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 53,30-$ 53,80.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here