Harga Minyak Turun; Data Pasokan EIA Menjadi Perhatian

773

(Vibiznews-Commodity) Harga minyak turun pada hari Rabu (19/06) setelah data menunjukkan penurunan yang lebih kecil dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah AS yang diimbangi dengan harapan untuk kesepakatan perdagangan AS-China.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun 3 sen menjadi $ 53,87 per barel. Pada hari Selasa, telah mencatat kenaikan harian terbesar sejak awal Januari.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 46 sen menjadi $ 61,68 per barel.

Pasokan minyak mentah AS turun 812.000 barel pekan lalu menjadi 482 juta, kelompok industri American Petroleum Institute mengatakan pada hari Selasa, penurunan yang lebih kecil dari penurunan yang diperkirakan para analis sebesar 1,1 juta barel.

Presiden A.S. Donald Trump menawarkan beberapa dukungan, dengan mengatakan siap untuk bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping minggu depan di KTT G20 di Osaka, Jepang.

Pembicaraan antara Amerika Serikat dan China macet bulan lalu setelah Washington menuduh China mundur dari komitmen yang telah disepakati sebelumnya.

Interaksi antara kedua belah pihak telah dibatasi sejak saat itu. Trump telah berulang kali mengancam akan mengenakan tarif lebih banyak pada barang-barang China.

Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi juga menawarkan dorongan, mengatakan pada hari Selasa bahwa bank sentral akan melonggarkan kebijakan lagi jika inflasi gagal untuk meningkat.

Di tempat lain, ketegangan di Timur Tengah setelah serangan tanker pekan lalu tetap tinggi. Kekhawatiran konfrontasi antara Iran dan Amerika Serikat telah meningkat sejak serangan Kamis lalu.

Trump mengatakan dia siap mengambil tindakan militer untuk menghentikan Iran memiliki bom nuklir.

Amerika Serikat mengerahkan sekitar 1.000 tentara lagi ke Timur Tengah, dengan mengatakan itu adalah langkah defensif dalam menanggapi apa yang Washington katakan adalah kekhawatiran tentang ancaman dari Iran.

Anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak telah sepakat untuk bertemu pada 1 Juli, diikuti oleh pertemuan dengan sekutu non-OPEC pada 2 Juli, setelah berminggu-minggu berselisih tentang tanggal.

OPEC dan sekutunya akan membahas apakah akan memperpanjang kesepakatan pemotongan 1,2 juta barel per hari produksi yang habis bulan ini.

Malam nanti akan dirilis data pasokan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah tertekan kekuatiran masih besarnya pasokan AS. Namun jika malam nanti data pasokan minyak AS yang dirilis EIA terealisir menurun akan mengangkat harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 53,40-$ 52,90, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,40-$ 54,90.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here