Market Mover: Momentum Menuju Ekspektasi Pemangkasan Fed Rate

582

Pada permulaan minggu, pasar memperhitungkan dalam harga lebih dari 40% kemungkinan dipangkasnya suku bunga sebesar 50 basis poin pada bulan Juli. Pasar sekarang hanya memperhitungkan kemungkinan dari tindakan tersebut sebanyak 30%. Selain itu diperkirakan Federal Reserve tidak akan memangkas tingkat suku bunga sebanyak 50 basis poin pada bulan Juli, kemungkinan hanya 25 basis poin.

Market Mover pada minggu ini adalah:

  1. Perang Dagang AS dengan Cina yang dipengaruhi hasil pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Cina di G20 hari Sabtu minggu lalu.
  2. ISM Manufaktur AS yang telah keluar pada kemarin malam.
  3. Non Farm Payroll AS yang akan keluar pada hari Jumat malam.

Ke tiga Market Mover ini berujung pada perkiraan naik-turunnya ekspektasi pemangkasan suku bunga AS.

Perang Dagang: Meredanya Ketegangan Perdagangan

Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, pada Sabtu (29/6) ini menghasilkan kesepakatan yang meredakan perang dagang.

Dikutip Reuters, usai pertemuan Trump dan Xi, AS memutuskan tidak akan mengenakan tarif baru untuk ekspor China.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga akan mengangkat embargo Huawei Technologies Co. Ltd yang menjalin bisnis dengan perusahaan asal negara Paman Sam. Penghapusan embargo dilakukan usai Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6). Trump mengatakan delegasi China adalah pihak pertama yang meminta hal tersebut kepadanya.

Keraguan Kelangsungan Meredanya Ketegangan Perdagangan

Berita yang positip mengenai perdagangan setelah makan malam yang sangat diantisipasikan memang telah mengurangi lebih lanjut ekpektasi kebijakan moneter yang lebih.

Namun, walaupun ketegangan perdagangan antara Cina dengan AS mereda setelah akhir minggu lalu, banyak ekonom memperkirakan sentimen yang positip ini tidak akan berlangsung terus.

 

Data Ekonomi Amerika Serikat

Bagi banyak ekonom, data ekonom AS akan menjadi faktor kunci di dalam mengukur kecepatan pemangkasan tingkat bunga untuk sisa dari tahun ini. Data ekonomi Amerika Serikat minggu ini akan menentukan hasil pertemuan Federal Reserve pada bulan Juli, dengan rilis data yang penting dari sentimen manufaktur dan angka “employment” bulan Juni.

ISM Manufaktur AS

Para ekonom memperhatikan survey dari Institute Of Supply Management (ISM), yang diperkirakan akan menyoroti kelemahan lebih jauh di dalam sektor manufaktur. Dengan  adanya penurunan baru di dalam indeks ISM menjadi 51.0, diperkirakan badai perdagangan yang berkelanjutan telah mempengaruhi sentimen bisnis pada bulan Juni.

Pada hari Senin, ISM mengatakan indeks manufaktur menunjukkan angka menjadi 51.7% untuk bulan Juni, turun sedikit dari angka bulan Mei sebesar 52.1%. Meskipun demikian, data yang keluar kemarin malam ini mengatasi ekspektasi dari perkiraan konsensus sebesar 51.3%.

Data ini terus menyoroti ekspansi yang berlangsung di dalam sektor ini, meskipun dengan kecepatan yang pelan. Angka diatas 50% dipandang sebagai tanda pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya.

NON Farm Payroll

Laporan employment bulan Juni akan menjadi laporan employment terakhir sebelum pertemuan Fed berikutnya dan jika angkanya mengecewakan  akan menjadi  tuntutan untuk pemangkasan sebesar 50 basis poin.

Di dalam laporan terakhir, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa hanya 75.000 pekerjaan yang diciptakan pada bulan Mei, yang mengejutkan pasar secara signifikan.  Data ekonomi AS berjalan, yang solid, belakangan ini pastinya membuat perhitungan pemangkasan suku bunga AS yang pasti terjadi pada bulan Juli ini menjadi kelihatan ganjil.

EMAS

Walaupun turun dari ketinggiannya, emas masih terlihat berada pada bulan yang paling baik di dalam 3 tahun. Selama minggu lalu harga emas naik hampir 1%; Sedangkan selama bulan Juni, harga emas naik hampir 8%. Bahkan harga emas sempat menyentuh ketinggian selama 6 tahun pada awal minggu lalu di $1,442.90.

Emas berjangka bulan Agustus kemarin turun $22.90 per ons pada $1,390.10. Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,442.90 setelah melewati $1,401.90 dan kemudian $1,408.60. Sebaliknya penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,363.00 setelah melewati $1,384.70 dan kemudian $1,380.00.

EUR/USD

Dengan bagusnya data ISM manufaktur AS yang mengatasi daripada yang diperkirakan dan diperkirakan NFP pada hari Jumat kembali naik ke angka sekitar 160.000 – 180.000, maka ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga AS semakin turun yang mengakibatkan naiknya USD. Hal ini membuat EUR/USD yang saat ini diperdagangkan disekitar 1.1287 cenderung turun lebih jauh dimana rentang perdagangannya adalah diantara “support” 1.1181  dengan “resistance” 1.1400

GBP/USD

Demikian juga dengan GBP/USD, dengan kecenderungan menguatnya USD karena berkurangnya ekspektasi akan pemangkasan tingkat suku bunga AS, maka GBP/USD yang saat ini sedang diperdagangkan disekitar 1.2644 cenderung turun lebih jauh dengan rentang pergerakan harganya berkisar diantara “support” 1.2600 dengan “resistance” 1.2700.

 

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting
Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here