Emas Gagal Menarik Perhatian Ditengah Menguatnya Dolar AS Secara Keseluruhan

430

(Vibiznews-Commodity) Harga emas kelihatannya mengabaikan keprihatinan perang dagang AS-Cina, tidak juga protes di Hong Kong dan ketegangan disekitar Timur Tengah, dengan diperdagangkan disekitar $1,525 selama awal perdagangan pada hari Senin pagi.

Metal kuning terkoreksi balik dari ketinggian multi tahun dengan USD, yang secara umum memiliki hubungan terbalik dengan bullion, naik-turun disekitar ketinggian akhir 2017.

Pasar menepis dorongan Presiden AS Donald Trump yang berulang-ulang untuk melonggarkan kebijakan moneter kepada Federal Reserve ditengah komentar-komentar yang tidak begitu “dovish” dari para pembuat kebijakan the Fed.

Menambah kepada kekuatan matauang AS adalah komentar yang terbaru yang dari pejabat European Central Bank (ECB) yang menurunkan semangat. anggota komite yang memiliki peringkat di European Central Bank (ECB) Olle Rehn berkat bahwa situasi sekarang di area euro memerlukan paket kebijakan yang efektif pada bulan September. Anggota komite yang memiliki peringkat di European Central Bank (ECB) Olle Rehn berkata bahwa situasi sekarang di area euro memerlukan paket kebijakan yang efektif pada bulan September.

Di medan geopolitik, krisis Hong Kong memburuk dan laporan terakhir dari Cina memberikan signal intervensi militer, yang Amerika Serikat tidak suka, menjelang diadakannya konferensi pers pada hari Selasa. Selanjutnya, Rusia baru-baru ini menyalahkan Amerika Serikat karena melanggar gencatan senjata di Suriah sementara Iran melepaskan drone misil yang terbaru untuk menunjukkan kesiapan mereka untuk berkonfrontasi dengan Amerika Serikat.

Dari skenario perdagangan AS-Cina, pemerintah Trump tidak ingin mundur dari tarifnya meskipun Cina melangkah mundur dari pembalasan sebelumnya. Kedua negara ini diskedulkan untuk bertemu untuk negosiasi perdagangan selama bulan ini walaupun tidak ada terobosan yang diperkirakan akan dapat terjadi.

Perlu dicatat bahwa Caixin Manufacturing Purchasing Managers’ Index (PMI) Cina bulan Agustus meningkat ke ketinggian 5 bulan dengan angka 50.4, mengatasi yang diperkirakan sebesar 49.8, namun ukuran resmi ini tetap berada pada regional kontraksi di angka 49.5.

Hari ini, pasar Amerika Serikat tutup karena liburan hari Buruh.

Secara tehnikal, “support” terdekat menunggu di $1,512 yang apabila berhasil ditembus akan turun lagi ke $1,460 dan kemudian $1,419. Sebaliknya “resistance” terdekat menunggu di $1,544 yang apabila berhasil dilalui akan lanjut ke $1,569 dan kemudian $1,607.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here