Harga Minyak Sesi Eropa Dikuatkan Normalisasi Produksi Arab Saudi

755

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik di perdagangan Eropa pada hari Kamis (19/09) dikuatkan oleh janji Arab Saudi untuk mengembalikan produksi penuh pada akhir September pada fasilitas yang dihancurkan dalam serangan drone dan rudal akhir pekan lalu.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 42 sen menjadi $ 58,53 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 70 sen menjadi $ 64,30 per barel.

Ketegangan terjadi setelah Arab Saudi menetapkan batas waktu untuk melanjutkan operasi penuh, dan juga mengatakan telah berhasil memulihkan pasokan ke pelanggan di tingkat sebelum serangan dengan menarik dari persediaan minyaknya.

Harga Brent telah melonjak 14,6% pada hari Senin, persentase kenaikan satu hari terbesar kontrak sejak setidaknya 1988.

Arab Saudi, pengekspor minyak terkemuka dunia, mengatakan serangan yang melumpuhkan pada situs-situs minyaknya tidak diragukan lagi disponsori oleh saingan sengit regional Iran.

Presiden AS Donald Trump mengatakan ada banyak pilihan selain perang dengan Iran dan menambahkan bahwa ia telah memerintahkan Departemen Keuangan AS untuk secara substansial meningkatkan sanksi terhadap Teheran. Iran membantah terlibat dalam serangan itu.

Kepala Badan Energi Internasional mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya tidak melihat kebutuhan untuk melepaskan pasokan minyak darurat karena pasar dipasok dengan baik.

Menyusul serangan di Arab Saudi, sektor minyak Kuwait berada dalam siaga tinggi dan telah meningkatkan keamanannya ke level tertinggi sebagai tindakan pencegahan, kata seorang pejabat minyak Kuwait, Rabu.

Secara terpisah, data mingguan dari Administrasi Informasi Energi pada persediaan minyak A.S. memberikan hasil campuran.

Pasokan minyak mentah di produsen minyak terbesar dunia naik 1,1 juta barel pekan lalu terhadap ekspektasi analis untuk penurunan 2,5 juta barel.

Namun, pasokan di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk patokan berjangka, jatuh ke level terendah sejak Oktober 2018.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi positif dengan harapan normalisasi produksi Arab Saudi terhadap fasilitas minyak yang diserang drone akhir pekan lalu. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 59,00-$ 59,50, namun jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 58,00-$ 57,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here