Harga Minyak Masih Tertekan Kekhawatiran Perlambatan Global

764

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak merangkak naik namun masih di bawah tekanan pada hari Rabu (16/10), ditekan oleh kekhawatiran tentang melemahnya permintaan untuk bahan bakar karena pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat dan perkiraan kenaikan lebih lanjut dalam persediaan minyak mentah AS.

Harga mendapat beberapa dukungan karena tanda-tanda dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) bahwa pembatasan lebih lanjut terhadap pasokan minyak dapat dilakukan pada bulan Desember. OPEC dan sekutunya bertemu pada 5-6 Desember di Wina untuk meninjau kebijakan keluaran.

Harga minyak mentah berjangka AS naik 24 sen menjadi $ 53,05.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 5 sen menjadi $ 58,79 per barel pada 1137 GMT.

Harga berada di bawah tekanan dari meningkatnya pesimisme tentang ekonomi global dan kekhawatiran sisi permintaan selanjutnya.

Dalam sinyal bearish untuk permintaan, Dana Moneter Internasional mengatakan pada Selasa perang perdagangan AS-China akan memangkas pertumbuhan global 2019 menjadi paling lambat sejak krisis keuangan 2008-2009.

American Petroleum Institute (API) akan melaporkan angka persediaan mingguan AS dinihari nanti. Analis memperkirakan persediaan minyak mentah AS naik sekitar 2,8 juta barel minggu lalu.

Optimisme tentang kesepakatan Brexit yang sudah dekat telah membantu mendukung pasar, meskipun ini memudar setelah sumber-sumber Uni Eropa mengatakan pembicaraan telah macet dan Irlandia mengatakan masih ada masalah yang harus diselesaikan.

Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo telah mengatakan opsi untuk OPEC dan sekutunya adalah untuk menerapkan pengurangan yang lebih dalam dalam produksi minyak.

Pada hari Selasa, Barkindo mengatakan OPEC akan melakukan apa yang bisa dilakukan dengan produsen sekutu untuk mempertahankan stabilitas pasar minyak setelah tahun 2020, dalam sinyal bahwa produsen akan terus bekerja sama.

OPEC, Rusia dan produsen lain memiliki kesepakatan untuk mengurangi produksi minyak sebesar 1,2 juta barel per hari hingga Maret 2020.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi lemah dengan kekhawatiran perlambatan ekonomi global seiring proyeksi IMF untuk penurunan pertumbuhan dan meredanya optimisme perdagangan AS-China dan Brexit. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 52,50-$ 52,00, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 53,50-$ 54,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here