Harga Minyak Merosot Terkena Sentimen Negatif

709

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak bergerak lemah terkena sentimen negatif keraguan perdagangan AS-China dan peningkatan pasokan minyak mentah AS.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 69 sen, atau 1,25%, menjadi $ 54,37 setelah penurunan 0,9% pada sesi sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 30 sen, pada $ atau 0,49% menjadi 60,31 per barel. Brent turun 1,6% pada hari Rabu.

Pejabat China meragukan potensi perjanjian perdagangan jangka panjang yang komprehensif dengan AS meskipun kedua pihak mendekati kesepakatan awal “fase satu”, Bloomberg News melaporkan Kamis pagi mengutip sumber tanpa nama yang akrab dengan masalah tersebut.

Aktivitas pabrik di China menyusut selama enam bulan berturut-turut pada Oktober sementara pertumbuhan dalam aktivitas sektor jasa China paling lambat sejak Februari 2016, data resmi menunjukkan pada hari Kamis.

Federal Reserve AS memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini pada hari Rabu, bertujuan untuk mempertahankan ekspansi ekonomi yang merupakan rekor terpanjang.

Pemotongan suku bunga seringkali bisa menjadi bullish untuk harga minyak karena ekonomi yang lebih kuat biasanya menyiratkan permintaan yang lebih tinggi untuk minyak mentah.

Namun keuntungan kemungkinan akan dibatasi sampai persediaan mulai menunjukkan penurunan berkelanjutan.

Persediaan minyak mentah naik 5,7 juta barel dalam minggu hingga 25 Oktober, Administrasi Informasi Energi AS mengatakan pada hari Rabu, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk peningkatan 494.000 barel.

Pasokan minyak mentah di pusat pengiriman Cushing, Oklahoma, untuk minyak mentah  berjangka AS naik untuk minggu keempat berturut-turut, naik 1,6 juta barel pekan lalu, kata EIA.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak dapat terus melemah dengan munculnya keraguan kesepakatan perdagangan AS-China dan meningkatnya pasokan minyak mentah AS. Harga minyak diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 53,90-$ 53,40, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,90-$ 55,40.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here