Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 14 November 2019.

836

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak naik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Rabu kemarin. Metal berharga mengalami semacam permintaan “safe-haven” pada pertengahan minggu, bersamaan dengan “short-covering” di pasar berjangka setelah tekanan jual baru-baru ini.

Emas berjangka bulan Desember terakhir naik $11,90 per ons pada $1,465.30. Harga perak Comex bulan Desember terakhir naik $0.228 pada $16.93 per ons.

Keengganan terhadap resiko meningkat pada pertengahan minggu setelah pernyataan yang dibuat oleh Presiden AS Trump di dalam pidatonya di New York.

Di dalam pidatonya Presiden Trump mengirimkan pesan yang bercampur. Dia mengatakan,”Kita sudah dekat – kesepakatan fase pertama yang signifikan bisa terjadi, bisa terjadi segera.” Dia mengatakan ini di dalam konteks pernyataan yang menyatakan bahwa Cina sangat menginginkan untuk membuat kesepakatan perdagangan dengan AS dan langkah pertama dari suatu persetujuan yang lebih luas sudah dekat untuk diselesaikan. Namun, menurut teks yang penuh dari pidatonya yang dirilis oleh C-Span, Presiden Trump juga berkata,”sekali lagi, jika kita tidak membuat kesepakatan dengan  Cina…..jika kita tidak membuat kesepakatan, kita akan menaikkan tarif secara substansial. Ini berlaku untuk setiap negara lainnya yang memperlakukan kita dengan tidak benar.

Sementara itu Ketua Fed Jerome Powell mengatakan kepada Kongres pada hari Rabu bahwa Federal Reserve tidak mungkin untuk menyesuaikan suku bunga dalam waktu dekat selama ekonomi tetap pada jalurnya saat ini.

Dalam komentar yang diberikannya kepada Komite Ekonomi Bersama, Powell menegaskan kembali sikap yang diuraikannya beberapa minggu yang lalu bahwa langkah Fed tahun ini menuju kebijakan moneter yang lebih akomodatif telah membantu mendukung ekonomi yang terus tumbuh. Dia mencatat bahwa pergerakan Fed cenderung memiliki efek yang tertinggal, yang berarti bahwa akan membutuhkan waktu untuk menilai dampak yang mereka miliki.

Indeks saham Asia dan Eropa kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Harga emas dan perak juga mengalami permintaan safe-haven karena teguran Trump kepada Federal Reserve lagi di dalam pernyataannya kepada ekonom di New York.

Emas dan perak juga diuntungkan dengan eskalasi di dalam protes dan kekerasan pada minggu ini di Hong Kong.

Penurunan emas masih memiliki sedikit keuntungan tehnikal jangka pendek secara keseluruhan. Obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,500.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,475.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,400.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,456.40 dan kemudian $1,446.20.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here