MOU JFX dengan APEX : Kesamaan Mimpi Mengembangkan Industri dan Kontrak Berjangka Kelapa Sawit

1114

Jakarta Futures Exchange (JFX) menanda-tangani Nota Kesepahaman dengan Asia Pacific Exchange, bursa derivatif ketiga yang mendapatkan lisensi “Bursa yang Diakui” dan “Lembaga Kliring yang Diakui” dari Otoritas Jasa Keuangan Singapura.


JFX telah berkiprah dalam industri derivatif di Indonesia selama 19 tahun, setelah menjalankan perdagangan pertamanya pada bulan Desember 2000. Bursa ini sekarang memillki 80 anggota aktif dengan 19 kontrak berjangka yang diperdagangkan. JFX juga menjalankan 2 pasar fisik komoditi dimana harga yang terbentuk digunakan oleh pemerintah Indonesia bagi penetapan harga acuan untuk komodit yang diperdagangkan. JFX selama memposisikan dirinya sebagai yang terdepan dalam penggunaan teknologi dan sekarang sedang dalam proses memperbaharui sistem perdagangannya untuk ini telah yang keempat kalinya.


APEX memulai perdagangannya pada bulan Mei 2018 dan sekarang memiliki 5 kontrak berjangka. Kontrak yang teraktif adalah Kontrak Berjangka Crude Palm Oil, yang diluncurkan pada tanggal 18 April 2019. Selama tujuh bulan pertama perdagangan, posisi terbuka pada kontrak tersebut terus menunjukkan kenaikan, hingga mencapai hampir 15.000 kontrak dengan rata rata volume harian sekitar 23.000 kontrak. Penyelesaian fisik pertama untuk kontrak tersebut dilakukan pada bulan Oktober di Indonesia, dimana 7.000 ton CPO dimuat dari pelabuhan Batam menuju India.

Nota Kesepahaman antara JFX dan APEX untuk saling bertukar informasi menjadi dasar untuk menjaring minat investor internasional dalam perdagangan kontrak-kontrak JFX dan sebaliknya. Ini akan merupakan kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua bursa, JFX dan APEX.


Stephanus Paulus Lumintang, President Direktur, Jakarta Futures Exchange, berkata: “JFX berkomitmen untuk menyediakan yang terbaik untuk anggota – anggotanya dengan solusi dan layanan yang terbaik dalam industri berjangka. JFX berharap bahwa kerjasama dengan APEX bisa digunakan dengan seoptimal mungkin dan akan memberikan manfaat bagi komunitas perdagangan berjangka Indonesia secara umum.

Togu Hasiholan/VMN/VBN/Journalist

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here