Emas Naik Ke Ketinggian 7 Tahun Sebelum Akhirnya Turun Kembali

638

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak mendekati stabil pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Rabu kemarin, dan dalam perjalanan turun dari ketinggian “overnight” yang diakibatkan oleh serangan rudal Iran dekat pasukan AS di Irak.

Emas berjangka bulan Februari sempat hampir menyentuh ketinggian selama 7 tahun di $1,613.30 semalam. Emas berjangka bulan Februari akhirnya turun $0.50 per ons pada $1,573.90. Harga perak Comex bulan Maret terakhir turun $0.073 pada $18.315 per ons.

Pasar global yang dibuka pada hari Selasa malam waktu AS tergoncang ketika Iran melancarkan paling sedikit selusin rudal ke basis militer AS di Irak. Iran segera mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, yang disebut sebagai “pembalasan keras” atas pembunuhan oleh AS terhadap pemimpin jendral Iran pada minggu lalu. Laporan-laporan mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa di pihak AS. Presiden AS mengirimkan tweet “semua baik-baik”. Nampaknya pemimpin Iran melancarkan rudal hanya untuk menyenangkan penduduk Iran yang menuntut pembalasan. Kelihatannya, Iran tidak ingin membunuh orang-orang Amerika yang bisa membuat AS membalas secara masif. Analis militer percaya rudal Iran adalah cukup akurat untuk membuat jatuhnya korban jiwa yang lebih banyak, jika para pemimpin Iran itu menghendaki. Para pemimpin Iran mengatakan bahwa serangan rudal tersebut sudah proporsional, dan berkata mereka tidak ingin terjadinya eskalasi konflik. Pada hari Rabu pagi pasar menilai eskalasi akan menurun, paling tidak untuk jangka pendek. Itulah sebabnya harga emas dan perak kembali turun dari ketinggian semalam.

Pergerakan naik harga emas masih memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek yang secara keseluruhan solid ditengah votalitas yang tinggi. Obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,613.30 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,590.90 dan kemudian $1,600.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,530.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,568.00 dan kemudian $1,556.60.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here