Harga Minyak Akhir Pekan dan Mingguan Stabil

1026

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik tipis pada hari Jumat tetapi diperkirakan mengakhiri minggu ini stabil karena pertumbuhan ekonomi yang lamban di China, meningkatkan kekhawatiran tentang permintaan bahan bakar dan melawan optimisme dari penandatanganan kesepakatan dagang AS-China.

Ekonomi terbesar kedua di dunia tumbuh sebesar 6,1% pada tahun 2019, ekspansi paling lambat dalam 29 tahun, data pemerintah menunjukkan pada hari Jumat.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 22 sen menjadi $ 58,74.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 30 sen menjadi $ 64,92.

Minyak naik pada hari Kamis setelah China dan Amerika Serikat menandatangani perjanjian perdagangan Fase 1 mereka.

Suasana semakin ditingkatkan setelah Senat AS menyetujui perubahan Perjanjian Perdagangan Bebas AS-Meksiko-Kanada.

Melonjaknya permintaan Tiongkok seperti terlihat pada angka kilang mengimbangi data pertumbuhan ekonomi yang kurang positif.

Pada 2019, kilang China memproses 651,98 juta ton minyak mentah, setara dengan rekor tertinggi 13,04 juta barel per hari, dan naik 7,6% dari 2018, data pemerintah menunjukkan. Kilang juga mencatat rekor bulanan untuk bulan Desember.

Perkiraan oleh dua agen utama dari surplus pasokan tahun ini juga membebani harga.

Badan Energi Internasional menawarkan pandangan bearish dari prospek pasar minyak untuk tahun 2020 pada hari Kamis.

Pasokan OPEC akan melebihi permintaan untuk minyak mentahnya, perkiraan IEA, bahkan jika negara-negara anggota OPEC sepenuhnya mematuhi pengurangan produksi yang disepakati dengan Rusia dan produsen lain dalam kelompok yang dikenal sebagai OPEC +.

Pandangan IEA agak mirip dengan pandangan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang menemukan pasokan non-OPEC tahun ini tumbuh lebih dari permintaan keseluruhan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi naik terpicu penandatanganan kesepakatan dagang fase satu AS-China. Namun prediksi IEA yang menyatakan produksi minyak melebihi permintaan masih membatasi kenaikan. Harga  diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 59,20-$ 59,70. Namun jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 58,20-$ 57,70.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here