Harga Minyak Turun; Produksi OPEC Atasi Hambatan Pasokan Libya

796

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun pada hari Selasa (21/10) di tengah ekspektasi bahwa pasar yang dipasok dengan baik akan mampu mengatasi gangguan yang telah memangkas produksi minyak mentah Libya.

Harga Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS tidak berubah pada $ 58,54 per barel.

Harga Minyak mentah berjangka Brent turun 20 sen menjadi $ 65,00 per barel, setelah naik ke level tertinggi dalam lebih dari seminggu pada hari Senin.

Hampir semua kapasitas ekspor minyak mentah Libya sekarang berada di bawah force majeure – pengabaian kewajiban kontrak – setelah pemblokiran pipa di timur dan barat negara itu menghambat produksi minyak.

Jika ekspor Libya dihentikan untuk periode yang berkelanjutan, tangki penyimpanan akan mengisi dalam beberapa hari dan produksi akan melambat menjadi 72.000 barel per hari (bpd), kata juru bicara perusahaan minyak negara NOC. Libya telah menghasilkan sekitar 1,2 juta barel per hari baru-baru ini.

Kerusuhan anti-pemerintah di Irak, produsen minyak utama lainnya, juga pada awalnya mendukung harga minyak, tetapi para pejabat kemudian mengatakan bahwa produksi dari ladang minyak selatan tidak terpengaruh oleh kerusuhan itu.

Setiap gangguan pasokan dapat diimbangi dengan peningkatan produksi dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang dapat membatasi dampak pada pasar minyak global, kata kepala badan industri perminyakan Jepang. ING mengatakan bahwa kapasitas OPEC cadangan, yang lebih dari 3 juta barel per hari, meyakinkan pasar.

Dana Moneter Internasional (IMF) pada hari Senin memangkas kembali perkiraan pertumbuhan ekonomi global 2020 dengan sepersepuluh poin persentase menjadi 3,3% karena perlambatan lebih tajam dari yang diperkirakan di India dan pasar negara berkembang lainnya. Hal ini juga memicu kekhawatiran penurunan permintaan.

Barclays pada hari Selasa memperkirakan permintaan minyak 2020 akan naik 1,4 juta barel per hari, 50.000 barel per hari lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya dan naik dari pertumbuhan 900.000 barel per hari pada 2019.

Bank ini mempertahankan perkiraan 2020 untuk harga Brent dan West Texas Intermediate (WTI) masing-masing pada $ 62 dan $ 57 per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi lemah dengan ekspektasi peningkatan produksi OPEC dapat mengatasi kekurangan pasokan karena hambatan penutupan kilang minyak Libya. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 58,00-$ 57,50. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 59,00-$ 59,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here