Emas Hari Ini: Naik ke Ketinggian Mingguan yang Baru karena Sentimen Pasar Buruk

488

(Vibiznews-Commodity) Emas naik selama perdagangan sesi Eropa dan mencapai ketinggian mingguan yang baru, disekitar $1,720.

Setelah pada awalnya turun ke $1707, emas berhasil memperoleh kembali daya tarik dan berbalik naik pada sesi kedua pada hari Kamis. Komoditi emas tetap didukung dengan ekspektasi bahwa ekonomi dunia akan tetap lemah dan bahkan setelah “lockdown” dilonggarkan.

Keprihatinan pasar atas kejatuhan ekonomi karena pandemik coronavirus kemudian ditambah dengan data PMI yang suram yang keluar dari Perancis dan Jerman. Data yang buruk menghapus sebagian besar dari optimisme yang terbaru yang muncul sebagai akibat dari tambahan  paket ekonomi berikutnya senilai $484 miliar oleh Senat AS.

Hal ini terbukti dari berbaliknya sentiment global resiko dan memberikan dorongan naik kepada metal berharga yang dianggap sebagai assets “safe-haven”. Namun, pembelian dolar AS yang berkelanjutan bisa menjadi faktor yang membatasi keuntungan yang kuat terhadap komoditi yang berdenominasi dolar AS.

Dolar AS kemungkinan bisa terus mengambil keuntungan dari statusnya sebagai cadangan matauang global ditengah kekuatiran yang terus berlangsung atas kejatuhan ekonomi Dolar AS kemungkinan bisa terus mengambil keuntungan dari statusnya sebagai cadangan matauang global ditengah kekuatiran yang terus berlangsung atas kejatuhan ekonomi yang disebabkan pandemik coronavirus. Dengan demikian kita perlu berhati-hati dan menunggu dorongan beli yang kuat berikutnya sebelum menambah posisi untuk pergerakan positip selanjutnya.

Partisipan pasar sekarang sedang menunggu data makro ekonomi terbaru yang berikutnya, baik PMI manufaktur sementara maupun Klaim Pengangguran Mingguan. Data-data makro ekonomi ini bisa mempengaruhi pergerakan USD dan memberikan kesempatan menarik keuntungan.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.728.55 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1.742.89 dan kemudian $1.767.05. Sedangkan penurunan selanjutnya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,690.05 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke  $1,665.89 dan kemudian $1,651.55.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here