Rekomendasi Harga Emas 1 – 5 Juni 2020: Berpeluang Naik karena Ketegangan AS-Cina.

1781

(Vibiznews-Commodity) Harga kontrak berjangka emas bulan Agustus diperdagangkan naik dan sempat menyentuh ketinggian tiga bulan pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Jumat minggu lalu di $1,742.00, sebelum akhirnya turun kembali ke $1,730.00. Keengganan terhadap resiko meningkat di pasar dengan pertikaian antara  Amerika Serikat dengan Cina kelihatannya bisa menuju ke perang dingin berikutnya.

Pertikaian diantara kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini memiliki daftar persoalan yang panjang. Diantaranya status Hong Kong dimana Cina mengenakan undang-undang keamanan yang baru yang memperketat pengawasannya atas Hong Kong dan membuat AS marah. Selanjutnya Huawei dan Oppo yang ada dalam pemeriksaan karena pencurian tehnologi sedang mencari kebebasan dari ketergantungan terhadap produk-produk AS.

Dengan pasar memasuki bulan yang baru pada minggu ini di bulan Juni, para analis memandang bulan ini akan penuh dengan volatilitas.

Ketegangan antara AS dengan Cina menjadi penggerak utama dari kenaikan harga emas pada minggu ini. Meningkatnya kembali perang tarif bisa membawa ketegangan perdagangan diantara kedua negara ini ke level berikutnya.

Meningkatnya ketegangan AS-Cina ini bisa memukul pasar saham dan bisa menggerakkan para trader dan investor untuk pergi ke asset class yang aman yang pada gilirannya, bisa menaikkan permintaan terhadap emas yang safe-haven.

13 dari 15 suara dari professional di Wall Street atau 87% mengatakan bahwa mereka “bullish” untuk emas pada minggu ini. 1 suara atau 7% mengatakan emas akan turun dan 1 suara atau 7% sisanya mengatakan harga emas akan “sideways” atau netral.

Sementara itu dari 1.090 suara di dalam polling online Main Street yang diadakan oleh Kitconews, sebanyak 623 suara atau 57% melihat emas mengalami kenaikan pada minggu ini. Sebanyak 251 atau 23% mengatakan emas akan turun dan sisanya sebanyak 216 atau 20% mengatakan harga emas akan netral.

Kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,736.10 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,755.60 dan kemudian $1,789.00. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan $1,725.30 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,701.60. dan kemudian $1,686.54.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here